Wagub Sudikerta Inginkan Lulusan SPI Mampu Berwirausaha

Wagub Sudikerta Inginkan Lulusan SPI Mampu Berwirausaha

Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta saat melepas wisudawan LPK SPI di Denpasar. (Antara Bali Via Humas Pemprov Bali/wdy/2017)

Denpasar (Antara Bali) - Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta menginginkan lulusan Sekolah Perhotelan Indonesia mampu berwirausaha dan mengisi peluang kerja sesuai bidang keterampilan yang diperoleh di lembaga pelatihan.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Lembaga Pelatihan Kerja SPI yang telah membantu pemerintah dalam mencetak tenaga kerja yang terampil dan kompeten di bidang pariwisata," kata Sudikerta saat melepas 108 wisudawan LPK SPI di Denpasar, Rabu.

Selanjutnya, para lulusan diharapkan dapat membantu pemerintah dalam menanggulangi pengangguran yang ke depannya tentu akan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Bali.

"Dalam menghadapi era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), tentunya dibutuhkan langkah konkret untuk menyiapkan diri terutama terkait kompetensi tenaga kerja agar mampu bersaing dengan tenaga kerja di dalam negeri dan kawasan ASEAN," ujarnya.

Sudikerta juga menekankan kepada SPI agar semua lulusannya menerima sertifikat bukti telah selesai mengikuti program pelatihan dan pendidikan.

Di samping itu telah mengantongi sertifikat kompetensi yang diperoleh melalui uji kompetensi yang dilaksanakan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi yang telah dilisensi oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) sehingga mampu bersaing di dalam dan luar negeri.

Sementara itu, Direktur Sekolah Perhotelan Internasional (SPI) Hadi Suyatno berharap lulusan SPI yang telah dibekali sertifikat uji kompetensi, nantinya mampu menjadi sumber daya manusia yang unggul dalam persaingan dunia kerja.

Dia menambahkan, selama ini mahasiswa yang memilih jurusan yang diminati seperti Food and Baverage Service, Food and Baverage Product, House Keeping dan Bartender telah diajarkan oleh para dosen yang ahli dalam bidangnya dan merupakan praktisi.

Untuk itu, beberapa lulusan siswa SPI sudah ada yang diterima bekerja di kapal pesiar terbesar yaitu Star Cruise dan World Dream, selain itu terdapat pula lulusan yang sudah diterima magang di beberapa perusahan yang ada di Singapura.

Ia berharap ke depan SPI akan mampu mencetak tenaga kerja yang unggul di bidang pariwisata dan mampu bersaing dengan era globalisasi. (WDY)