Rabu, 18 Oktober 2017

Bupati Klungkung Berbaur dengan Masyarakat Pungut Sampah Plastik

| 417 Views
id Sampah Plastik, berburu sampah, penanganan sampah, gema butik, pemkab klungkung
Bupati Klungkung Berbaur dengan Masyarakat Pungut Sampah Plastik
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta berbaur dengan ratusan aparatur sipil negara (ASN) dan masyarakat memungut sampah plasik di Desa Gunaksa, Kecamatan Dawan. (Humas Pemkab Klungkung)
Semarapura (Antara Bali) - Bupati Klungkung, Bali I Nyoman Suwirta bersama istri Ayu Suwirta berbaur dengan ratusan aparatur sipil negara (ASN) dan masyarakat setempat memungut sampah plasik di pertigaan Desa Gunaksa, Kecamatan Dawan, Jumat.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Kabupaten Klungkung Anak Agung Kirana Gerakan Masyarakat Berburu Sampah Plastik merupakan salah satu kegiatan dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Kemerdekaan RI.

Gerakan menangani sampah plastik secara tuntas merupakan tekad dan komitmen Bupati Nyoman Suwirta dalam meningkatkan kebersihan lingkungan di daerah tersebut.

Gerakan masyarakat berburu sampah plastik dilakukan dengan cara mengumpulkan sampah plastik, memilah sampah plastik kemudian mengolahnya kembali menjadi barang yang bernilai ekonomis.

Bupati I Nyoman Suwirta menambahkan Gerakan Masyarakat Berburu Sampah Plastik dilakukan secara berkesinambungan, menjangkau pinggiran jalan, trotoar dan pantai.

Selain itu juga diharapkan menjangkau sampai ke kebun-kebun dan gorong-gorong, sebagai salah satu komitmen masyarakat Klungkung untuk membersihkan bumi pertiwi dari sampah plastik.

Upaya itu untuk menghindari pencemaran, jika sampah plastik itu dibiarkan bisa menghancurkan kesuburan tanah.

"Saya tidak mau Gerakan Masyarakat berburu Sampah Plastik ini hanya sekedar wacana saja," ujar Bupati Suwirta.

Bupati Suwirta mengharapkan melalui gerakan itu masyarakat memiliki kesadaran untuk menjaga kebersihan sehingga tidak akan membuang sampah sembarangan, dan dapat melakukan pemilahan sampah.

Gerakan tersebut melibatkan seluruh lapisan masyarakat dan keharusan untuk mewujudkan kesadaran menciptakan kebersihan lingkungan.

Hal itu penting karena apapun yang dilakukan dengan sadar, tulus iklas, akan berjalan dengan baik, ujar Bupati Suwirta.

Oleh sebab itu pihaknya menunggu kesadaran masyarakat dan iap berada di garda terdepan untuk menangani masalah kebersihan lingkungan di Kabupaten Klungkung.

Jangan pernah saling menyalahkan dan tidak ada kata terlambat untuk memulai," katanya.

Untuk itu ia mengharapkan melalui Gerakan Masyarakat Berburu Sampah Plastik dapat menjadikan Kabupaten Klungkung semakin bersih. "Klungkung Bersih, Klungkung Asri, masyarakat Sehat, Salam Gema Santi" ujar Bupati Suwirta.

Sebelumnya gerakan kebersihan itu juga dilakukan Pantai Tegal Besar, Pantai Klotok dan Pantai Goa lawah. (WDY)

Editor: I Gusti Bagus Widyantara

COPYRIGHT © ANTARA 2017