Legislator Dukung Pengembangan Wisata Kepulauan Nusa Penida

Legislator Dukung Pengembangan Wisata Kepulauan Nusa Penida

Ilustrasi - Pemandu wisata mengantarkan wisatawan melihat hutan bakau di Pulau Nusa Lembongan, Klungkung, Bali, Senin (9/6). (ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana/Asf/ama/2014.(edm)

Denpasar (Antara Bali) - Anggota DPRD Bali Ngakan Made Samudra mendukung Pemerintah Kabupaten Klungkung dalam pengembangan objek kawasan pariwisata di Kepulauan Nusa Penida.

"Saya mendukung upaya yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Klungkung, Bali untuk pengembangan Kepulauan Nusa Penida sebagai destinasi wisata. Karena Nusa memiliki objek wisata dengan pemandangan yang eksotik," kata anggota Komisi I DPRD Bali Ngakan Samudra di Denpasar, Rabu.

Ia mengatakan langkah yang dilakukan pemerintah kabupaten harus secara berkelanjutan, terlebih pemerintah pusat sudah memberi dorongan kepada pemerintah setempat untuk pengembangan kepulauan itu menjadi objek wisata.

"Kalau saya amati kunjungan wisatawan Nusantara dan mancanegara sudah terus meningkat. Pulau yang semakin ramai dikunjungi dari tiga pulau yang ada di kawasan Nusa Penida adalah Pulau Lembongan dan Ceningan," ujar politikus asal Nusa Penida itu.

Menurut dia, dengan perencanaan jalan lingkar di Nusa Penida (Nusa Gede), merupakan akses yang potensi untuk mengembangkan kawasan tersebut. Sebab dari eksotik pemandangannya sangat bagus. Karena potensi Nusa Penida cukup bagus, mulai dari alam, pantai dan memiliki sejumlah pura sangat disakralkan umat Hindu.

"Potensi tersebut saat ini terus digarap oleh Pemerintah Kabupaten Klungkung beserta warga masyarakatnya agar kunjungan wisatawan terus meningkat. Terlebih dukungan transportasi penyeberangan dari wisata Sanur, Kota Denpasar cukup lancar sejak pagi hingga sore hari," ujarnya.

Selain itu, kata dia, transportasi penyeberangan dari Sanur menuju Pulau Lembongan, maupun Nusa Penida hanya ditempuh sekitar 40 menit. Hal ini juga memudahkan wisatawan yang memiliki waktu pendek berlibur di Bali bisa menikmati wisata eksotik Nusa Penida.

Di tempat terpisah, Bupati Klungkung Nyoman Suwirta mengatakan pihaknya konsentrasi mengembangkan kawasan Nusa Penida untuk tujuan wisata, sehingga dengan pengembangan itu diharapkan pemberdayaan masyarakat dapat berjalan optimal.

"Kami secara berkesinambungan mengembangkan wisata di Pulau Nusa Penida dalam upaya meningkatkan perekonomian warga masyarakat Klungkung. Selain itu juga kami melakukan penataan objek wisata yang ada di Klungkung daratan. Dengan harapan ke depan pendapatan asli daerah (PAD) juga mengalami peningkatan," katanya. (WDY)