2.800 Maba Undiksha Ikuti OKK, Rektor: Jangan Ada Intimidasi (Video)

2.800 Maba Undiksha Ikuti OKK, Rektor: Jangan Ada Intimidasi (Video)

Penyematan tanda peserta OKK (Foto Antara Bali/bgs/2017)

Singaraja (Antara Bali) - Sebanyak 2.800 mahasiswa baru Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja, Bali mengikuti orientasi kehidupan kampus (OKK), dilaksanakan 14-18 Agustus 2017.

OKK yang melibatkan mahasiswa baru dari tujuh fakultas tersebut dibuka langsung oleh Rektor Undiksha, Dr I Nyoman Jampel MPd di Lapangan Utama Kampus Tengah Undiksha, Senin.

Rektor Undiksha, I Nyoman Jampel mengatakan, pihaknya mengucapkan selamat datang kepada seluruh mahasiswa baru di Undiksha yang merupakan satu-satunya lembaga pendidikan dan tenaga kependidikan (LPTK) negeri yang ada di Pulau Dewata.

Ia menambahkan, Undiksha sebelumnya beberapa kali mengalami perubahan status, mulai dari Fakultas Keguruan dan llmu Pendidikan (FKIP) sampai saat ini menjadi universitas.

"Undiksha yang dulunya hanya menghasilkan calon guru, sekarang telah diberikan mandat yang lebih luas (wider mandate) dengan dibukanya beberapa jurusan non-kependidikan. Termasuk keinginan kita serta dukungan pemerintah daerah kabupaten Buleleng dalam membuka Program Studi Pendidikan Kedokteran," terang dia.

Khusus terkait OKK, pihaknya berpesan para mahasiswa nanti dapat meningkatkan daya saing dalam hal bahasa terlebih kampus seribu jendela tersebut merancang program unggulan guna siap bersaing dalam kancang nasional maupun internasional.

"Saya juga berharap kegiatan ini dapat digunakan sebagai wahana promosi universitas kita kepada masyarakat yang ada di sekitar, melalui kegiatan-kegiatan bakti sosial, Pengabdian kepada Masyarakat (PkM), maupun kegiatan-kegiatan lainnya yang bermanfaat bagi masyarakat," terangnya.

Selain itu, pihaknya juga berharap paradigma OKK saat ini sudah bergeser. OKK merupakan salah satu proses percepatan adaptasi anda terhadap lingkungan dan kegiatan-kegiatan kampus.

"Mari kita lakukan orientasi kegiatan kampus yang bermanfaat bagi masing-masing individu dan kampus ini sebagai rumah anda yang kedua. Banyak kegiatan yang bermanfaat bisa kita lakukan dalam OKK ini. Kegiatan ini merupakan momentum untuk kita membuka diri, saling mengenal satu sama lain dengan penuh kegembiraan, keceriaan, tanpa beban dan tekanan," papar dia.

"Saya berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan penuh gembira dalam suasana kekeluargaan. Lakukanlah kegiatan-kegiatan yang dapat menggali dan mengembangkan potensi para mahasiswa baru. Sehingga kegiatan ini bermanfaat bagi setiap individu," kata Jampel. (WDY)

Video oleh Bagus Andi Purnomo