Desa Kabupaten Jembrana Ramai Kunjungan Daerah Lain

Desa Kabupaten Jembrana Ramai Kunjungan Daerah Lain

Kepala Desa Yehembang I Made Semadi menyampaikan program desanya kepada tamu luar daerah yang berkunjung, Selasa (14/11). (Antara Foto/Gembong Ismadi/2017)

Negara (Antara Bali) - Setelah mendapatkan penghargaan peringkat dua nasional dalam penggunaan dana, desa-desa di Kabupaten Jembrana ramai dengan kunjungan dari daerah lain.

"Ada beberapa daerah yang berkunjung ke desa kami, untuk mengetahui pengelolaan dan penggunaan dana desa. Beberapa daerah itu antara lain Kabupaten Kutai Kertanegara, Tulungagung dan Aceh," kata Kepala Desa atau Perbekel Yehembang I Made Semadi, Selasa.

Ia mengatakan, rombongan perangkat desa dari beberapa daerah tersebut, secara khusus ingin mengetahui pemanfaatan dana desa untuk pemberdayaan masyarakat dan pembangunan infrastruktur.

Selama di desanya, menurutnya, rombongan diajak untuk melihat kelompok tani dan posyandu sebagai bagian program pemberdayaan masyarakat, serta pembangunan infrastruktur yang sudah selesai maupun yang sedang dilakukan.

Menurutnya, kunjungan dari daerah lain ini membawa dampak yang baik dari kedua belah pihak, karena bisa sama-sama bertukar ilmu dan pengalaman dalam mengelola dana desa.

"Cuma kami memang kewalahan karena mendadak ada kunjungan yang banyak seperti ini. Masih ada beberapa surat dari daerah lain yang katanya mau datang kesini. Meskipun kewalahan, kami siap untuk menerima para tamu tersebut," katanya.

Wakil Bupati Jembrana I Made Kembang Hartawan mengatakan, ia sudah memerintahkan seluruh kepala desa untuk menerima tamu yang datang dengan baik, dan saling aktif menyerap hal-hal atau program yang baik dari tamu daerah lain.

"Setiap daerah pasti punya unggulan dalam pembangunan di desa. Saya sudah perintahkan kepala desa untuk menyerap dari tamu yang datang, kira-kira apa yang bisa diterapkan di Jembrana," katanya.(GBI)
?>