Kamis, 19 Oktober 2017

Pemkab Badung-Purwakarta Jalin "Sister City" Kepariwisataan Budaya

| 365 Views
id kepariwisataan budaya, sister city, Pekan Informasi Pembangunan, pemkab purwakarta, pemkab badung
Purwakarta, Jabar (Antara Bali) - Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, dan Pemkab Purwakarta, Jawa Barat, akan menjalin kerja sama yang erat (sister city) untuk saling mendukung promosi kepariwisataan budaya guna meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara.

"Kabupaten Badung siap menggandeng Purwakarta dalam promosi pariwisata, khususnya ke luar negeri. Siapapun nanti utusan Bapak Bupati Purwakarta, bisa kami ajak bersama-sama untuk melakukan promosi, karena dalam setahun kami bisa 12 kali promosi," kata Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta saat melakukan kunjungan di Pemkab Purwakarta dalam kegiatan Pekan Informasi Pembangunan (PIP), Rabu.

Ia mengatakan, ada beberapa hal yang bisa dipelajari Pemkab Badung di Purwakarta. Pertama, adalah tata kelola pemerintahan "good governance" dan "clean government". Kedua, menjaga budaya.

"Karena masyarakat di sini ramah-tamah terhadap Tuhannya, lingkungannya, dan manusianya," ujarnya.

Ketiga, kata Bupati asal Pelaga, Petang, Badung tersebut, penataan taman dengan peranti berupa air mancur yang inovatif.

"Ini salah satu konsep brilian dari Bupati Purwakarta. Kami akan bangun tapi tidak sebesar ini, tapi modelnya sama. Bahkan banyak nanti taman-taman kota kami yang kami isi dengan hiasan air mancur seperti di Purwakarta," ujarnya.

Keempat, lanjut Giri Prasta, kaitannya dengan ruang diorama yang menampilkan sejarah NKRI dan Purwakarta.

"Ini adalah salah satu konsep yang betul-betul mulia yang harus kami lakukan," katanya seraya menyampaikan Badung adalah asal dari Pahlawan Nasional, I Gusti Ngurah Rai.

Dengan demikian, berencana untuk menampilkan sejarah pahlawan asal Puri Carangsari, Petang, Badung tersebut guna edukasi ke masyarakat.

"Demikian pula konsep yang telah dibangun founding fathers negara ini, Bung Karno dan Hatta. Harus kita sosialisaikan terus ke masyarakat," ujarnya.

Selain itu, yang menginspirasi dirinya adalah sistem subsidi silang beras, dari, oleh dan untuk masyarakat Purwakarta melalui sistem `ATM Beras` yang dinamakan Bank Perelek.

"Kami siap mengadopsi hal ini untuk kepentingan masyarakat kami di Kabupaten Badung," katanya.

Sementara itu, Bupati Purwakarta, Drs H. Dedi Mulyadi mengatakan sejalan dengan Bupati Badung Giri Prasta juga menyatakan siap untuk menjalin kerja sama (sister city) dengan saling bergandengan untuk menggulirkan program-program berbasis budaya dan pro rakyat.

"Ini (Sister city) bisa dibangun. Dari Bali misalnya (wisatawan) ke Jakarta. Dari Jakarta bisa mampir ke Purwakarta," katanya. (WDY)

Editor: I Gusti Bagus Widyantara

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga