Denpasar (Antaranews Bali)- Wisatawan yang berkunjung ke Bali tidak saja menikmati suguhan seni budaya dan pemandangan alam, tapi juga tersedia makanan khas Pulau Dewata, yakni menu "Bebek Timbungan".

"Dalam menyambut kunjungan wisatawan maupun warga lokal, kami menyediakan kuliner khas Bali, salah satunya 'Bebek Timbungan'," kata Ana Dewi Permana dari Restoran Bebek Timbungan-Balinese Heritage Cuisine di Seminyak, Kuta, Bali, Sabtu.

Ia menjelaskan kuliner "Bebek Timbungan" ini adalah salah satu makanan khas Bali. Bahkan dirunut dari sejarah, bahwa menu 'Bebek Timbungan' disajikan kepada raja-raja atau pejabat tinggi saat menggelar pesta pada zaman dahulu.

"Namun seiring perkembangan zaman, makanan atau menu Bebek Timbungan kini semua orang bisa menikmati ala makanan khas tempo dulu," ujar Ana Dewi.

Ia mengatakan di restoran yang dikelola tersebut, untuk menyajikan makanan itu selalu menampilkan ciri khas berbeda. Bahkan timbungan (terbuat dari rebung bambu) disajikan juga dengan menarik.

Ana Dewi menjelaskan menu "Bebek Timbungan" merupakan salah satu sajian terkenal dan tertua khas Pulau Dewata. Pada mulanya "Bebek Timbungan" hanya dihidangkan pada ritual upacara adat Bali saja. 

Dikutip dari naskah kuno "Dharma Caruban", Salah satu menu Bali yang paling tradisional dalam upacara ritual adalah "Timbungan". Timbungan sendiri berasal dari kata "embung atau timbung" yakni rebung bambu atau bambu muda. 

"Jadi, Bebek Timbungan adalah hidangan daging bebek yang dimasak dengan 'bumbu basa genep' (racikan bumbu utama khas Bali) menggunakan bilah bambu muda. Bebek Timbungan menjadi kuliner Bali yang harus dicoba jika berlibur ke Bali," katanya. (*)

Baca juga: Muslim Bali sukai sate susu untuk berbuka puasa (Video)
Baca juga: Bebek Garing Bali ekspansi ke Jepang
Baca juga: Lomba Ayam Betutu Menarik Wisatawan Kunjungi NDF
Baca juga: Kodang Resto Sediakan Kuliner Iga Bakar Disukai Wisman
Baca juga: "Travelingyuk": kuliner bisa jadi instrumen diplomasi budaya

Pewarta: I Komang Suparta

Editor : Ni Luh Rhismawati


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018