Denpasar (Antara Bali) - Lomba kuliner ayam betutu menarik selera wisatawan asing untuk ingin mencicipi di ajang "Pesona Mandiri Nusa Dua Fiesta 2017" di Pulau Peninsula kawasan wisata internasional Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali.

"Kegiatan lomba kuliner ayam betutu ini sebagai upaya memperkenalkan kepada wisatawan Nusantara dan mancanegara dengan bumbu ala Bali," kata Dewan Juri Lomba Kuliner "Nusa Dua Fiesta (NDF) 2017" Ida Bagus Parwata di Nusa Dua, Bali, Jumat.

Ia mengatakan kuliner ayam betutu adalah makanan khas Bali, sehingga harus terus dipromosikan pada ajang kegiatan pariwisata tersebut, dengan harapan akan semakin terkenal di dunia.

"Lomba kuliner ayam betutu diikuti oleh lima peserta dari kalangan mahasiswa pariwisata yang ada di Bali," ujar Parwata yang juga pengurus ICA Bali.

Ia menjelaskan dalam lomba tersebut ada beberapa kreteria, sehingga hidangan yang disajikan menarik bagi warga masyarakat maupun wisatawan yang datang ke Pulau Dewata.

"Selain rasa ayam betutu, tapi juga menu pendampingnya ditata sedemikian rupa, sehingga wisatawan juga tertarik untuk mencicipi kuliner tersebut," ucapnya.

Parwata lebih lanjut mengatakan kuliner ayam betutu saat ini juga menjadi makanan khas Bali yang favorit, selain sate lilit dan babi guling.

"Menu ayam betutu salah satu juga menjadi favorit di restoran dan hotel di Bali yang ditawarkan kepada wisatawan. Dengan semakin sering ada perlombaan membuat kuliner ayam betutu, maka citarasa penyajian akan lebih baik," katanya.

Seorang wisatawan China, Wong Peck Liem mengaku kuliner ayam betutu sangat enak, dan rasanya pas dilidahnya.

"Hidangan ayam betutu rasanya enak. Saya ingin mencicipi lagi. Di Bali banyak pilihan makanan yang enak dan cocok dengan selera," ucap Peck Liem, sembari mencicipi hidangan di anjungan perlombaan kuliner NDF. (*)

Pewarta: Pewarta: I Komang Suparta

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017