Dandim Buleleng: Jaga Keutuhan Dengan Semangat Kepahlawanan

Dandim Buleleng: Jaga Keutuhan Dengan Semangat Kepahlawanan

Ilustrasi - Seorang veteran melihat pameran wajah-wajah veteran di Jakarta, Jumat (10/11). Selain untuk memperingati hari pahlawan, pameran tersebut juga bertujuan untuk mengenang kembali jasa para pahlawan di Indonesia. Antara Foto/Rivan Awal Lingga

Singaraja (Antara Bali) - Komandan Kodim 1609/Buleleng, Bali, Letkol Inf Slamet Winarko mengajak masyarakat di wilayah itu terus menjaga keutuhan bangsa dan negara dengan semangat kepahlawanan.

"Mari perkokoh persatuan dan kesatuan bangsa dalam mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan," katanya saat upacara di Lapangan Taman Kota Singaraja, Jumat.

Momentum peringatan Hari Pahlawan dimaknai dengan menghayati nilai-nilai luhur yang diwariskan kepada seluruh masyarakat di Tanah Air.

Selanjutnya, Hari Pahlawan diharapkan dapat membangkitkan semangat kebangsaan, menumbuhkembangkan nilai-nilai kepahlawanan serta meningkatkan kecintaan kepada Tanah Air dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Slamet Winarto mengatakan Upacara Bendera Peringatan Hari Pahlawan secara rutin diselenggarakan setiap tahunnya.

Ia menegaskan, masyarakat Indonesia telah mewarisi semangat dan jiwa-jiwa kepahlawanan yang selama ini mendarah daging dalam sanubari setiap warga negara.

Pihaknya pun terus berupaya mengajak pemuda dan remaja saat ini menjadikan jejak-jejak para pahlawan sebagai tauladan bagi generasi muda di negeri junjungan ini.

"Generasi muda adalah calon pengisi kepemimpinan bangsa dan daerah ini, jadi isi kegiatan dan tauladani yang positif," tandasnya.

Selain itu, Slamet Winarto menekankan, dengan semangat jiwa pahlawan berjuang untuk untuk memajukan bangsa Indoneia, menjaga kerukunan dan menjaga keutuhan bangsa.

"Seluruh lapisan masyarakat untuk terus berjuang, bekerja, berkarya menjadi pahlawan bagi diri sendiri, pahlawan bagi lingkungan, pahlawan bagi masyarakat, maupun bagi bangsa Indonesia," paparnya.

Dalam upacara itu, Dandim Buleleng juga membacakan sambutan tertulis dari Mensos Khofifah Indar Parawansa.

Di Kabupaten Tabanan, upacara yang sama juga berlangsung di Lapangan Alit Saputra Tabanan dengan Inspektur Upacara Komandan Kodim (Dandim) 1619/Tabanan Letkol (inf) Herwin Gunawan. Hadir Sekda Tabanan I Nyoman Wirna Ariwangsa, Unsur Muspida, OPD Tabanan, Veteran dan Tokoh masyarakat. (*)