Dispar Buleleng Dorong DTW Tingkatkan Kualitas Pelayanan

Dispar Buleleng Dorong DTW Tingkatkan Kualitas Pelayanan

Wisatawan mancanegara (Wisman) ikut melakukan aksi pungut sampah di kawasan Pantai Lovina, Desa Kalibukbuk, Kabupaten Buleleng, Bali, (antara foto/bagus/gas/2017)

Singaraja, (Antara Bali) - Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Buleleng, Bali mendorong pengelola daerah tujuan wisata (DTW) di wilayah itu meningkatkan kualitas pelayanan kepada wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

"Pelayanan memang harus diutamakan demi kepuasan para wisatawan yang datang ke Bali Utara," kata Kepala Dispar Buleleng, I Nyoman Sutrisna, di Singaraja, Bali, Senin.

Ia mengatakan, wisatawan baik domestik maupun mancanegara terus melirik Buleleng sebagai salah satu tujuan wisata yang menarik dan dinilai berbeda dengan konsep wisata di Bali bagian selatan.

Olah karena itu, kata dia, pelayanan kepariwisataan mulai dari fasilitas, sarana prasarana dan juga pengelolaan tamu harus diperhatikan dengan baik dan seksama.

"Jadi penting sekali bagaimana memperhatikan kepuasan para wisatawan. Dalam waktu dekat Buleleng akan kedatangan wisatawan dengan kapal pesiar. Tentu pelayanan harus dijaga," tutur dia.

Dikatakan pula, Dispar Buleleng kini terus mendatang DTW yang ada di wilayah tersebut sehingga memberikan opsi lebih banyak kepada para wisatawan

"Pengembangan 19 DTW menjadi 86 DTW akan dilanjutkan prosesnya. Kami juga terus pacu program tiga A yakni atraksi, aksesibilitas, dan amenitas dan itu sudah memenuhi syarat," kata Sutrisna. (bgs)