Serda I Kadek Adi Budiasta, seorang prajurit dari Bekangdam IX/Udayana, menorehkan prestasi gemilang dalam ajang 8th Asian Pencak Silat Championship di Bukhara, Uzbekistan dengan membawa pulang medali emas.
 
Dari keterangan Bidang Penerangan Kodam IX/Udayana di Denpasar, Rabu, disebutkan pria kelahiran Denpasar 20 Juni 2002 tersebut berhasil meraih medali emas kelas fighter 75 kg setelah mengalahkan tuan rumah Uzbekistan pada laga final.
 
Kejuaraan Asia Pencak Silat 2024 pada 8-16 Oktober itu diikuti lebih dari 12 negara, di antaranya Indonesia, Malaysia, Uzbekistan, Singapura, Kazakhstan, India, Filipina, dan Kirgizstan. Kemudian ada juga wakil dari Uni Emirat Arab, Karakalpakstan, Tajikistan, Turkmenistan, dan Afghanistan.
 
Timnas pencak silat Indonesia tampil impresif dengan meraih 12 medali emas dan dua perunggu.
 
Indonesia sukses finis di posisi pertama klasemen akhir dengan koleksi medali terbanyak di Asian Pencak Silat Championship 2024.

Baca juga: Pangdam Udayana pimpin sertijab Komandan Rindam IX/Udayana
 
Serda Budiasta dibesarkan oleh Perguruan Pencak Silat Kertha Wisesa. Dia memiliki segudang prestasi dalam kejuaraan Pencak Silat. Beberapa di antaranya termasuk juara Porjar Bali (2016-2020), juara Popwil (2018), juara Porprov Bali (2019), juara Popnas (2019), juara Seleknas Timnas (2020-2022), 16 besar SEA Games Vietnam (2021), peringkat tiga Sea Champ International Singapore (2021), juara Batavia Utara Championship, peringkat tiga PON XXI Aceh (2024), dan banyak lagi.
 
Dengan semangat pantang menyerah, Serda I Kadek Adi Budiasta berjanji akan terus berlatih dan berusaha untuk mencapai prestasi yang lebih tinggi di masa depan.
 
Ke depan, ia kembali dipercaya untuk bergabung dengan Tim Garuda TNI AD dalam Kejuaraan Nasional Piala Panglima TNI pada 24-27 Oktober di Jakarta Timur.

Baca juga: Pangdam Udayana siapkan dapur sehat di Bali dan Nusra
 
"Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pangdam IX/Udayana atas dukungan dan support yang luar biasa kepada kami, sehingga kami bisa meraih hasil terbaik. Setelah ini kami juga akan dipanggil bergabung dengan Tim Garuda TNI AD dalam Kejuaraan Piala Panglima TNI. Mohon doa dan dukungannya agar kami bisa memberikan yang terbaik untuk Kodam IX/Udayana dan TNI AD," ujar Serda Kadek Adi.
 
Sementara itu, Kepala Penerangan Kodam IX/Udayana Kolonel Inf Agung Udayana Kodam IX/Udayana memberikan apresiasi dan dukungan penuh atas prestasi gemilang yang diraih prajurit Kodam IX/Udayana dalam ajang 8th Asian Pencak Silat Championship.
 
"Kami sangat bangga dengan pencapaian yang diraih oleh Serda I Kadek Adi Budiasta. Prestasinya menjadi inspirasi bagi seluruh prajurit dan generasi muda untuk terus melestarikan budaya bangsa melalui olahraga," katanya.
 
Dia mengatakan keberhasilan ini adalah hasil latihan tekun, dedikasi tinggi, serta dukungan penuh dari komando dan rekan-rekan prajurit, membuktikan bahwa prajurit TNI tidak hanya unggul di medan perang, tetapi juga mampu berprestasi di berbagai bidang termasuk olahraga.

Pewarta: Rolandus Nampu

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2024