Satuan Tugas Preventif Kepolisian Resor(Polres) Jembrana, Bali melakukan sterilisasi di kantor KPU setempat menjelang pendaftaran calon bupati dan wakil bupati di Pilkada 2024.
 
Kepala Satuan Tugas Preventif Polres Jembrana yang tergabung dalam Operasi Mantap Praja Agung 2024, Ajun Komisaris (AKP) I Made Astawa Astiawan mengatakan sterilisasi ini untuk memastikan gedung KPU dan areal sekitarnya aman menjelang pendaftaran pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati.

"Selain sterilisasi yang akan dilakukan kontinu, kami juga melakukan patroli rutin di gedung KPU dan sekitarnya," katanya di Negara, Sabtu.

Dia mengatakan, agar bisa menyelenggarakan pilkada dengan baik, komisioner KPU harus mendapatkan jaminan keamanan dalam menjalankan tugas-tugasnya.

Dalam Operasi Mantap Praja Agung 2024, kata dia, kantor KPU menjadi salah satu objek vital yang mendapatkan pengawasan dan pengamanan ketat dari pihaknya.

"Pengamanan akan dilakukan hingga beberapa bulan ke depan sampai tahapan pilkada selesai," katanya.

Hasil pemeriksaan yang dipimpin Kepala Sub Satgas Preventif Ajun Inspektur Satu Made Yudi Astawa di gedung KPU Jembrana, tidak ditemukan benda atau barang yang membahayakan.

Sebelumnya di GOR Krisna Jvara, Negara dilakukan apel gelar pasukan Operasi Mantap Praja 2024 yang dipimpin Kapolres Jembrana Ajun Komisaris Besar (AKBP) Endang Tri Purwanto.

Dia mengatakan, pengamanan pilkada akan dilakukan oleh aparat gabungan dari Polri, TNI dan institusi lainnya.

Untuk memastikan agar Operasi Mantap Praja Agung 2024 berjalan baik, sebelum melakukan pemeriksaan terhadap gedung KPU, personel yang terlibat, melaksanakan apel di Polres Jembrana, Sabtu pagi.

Wakil Kepala Polres Jembrana Komisaris (Kompol) I Made Katon yang memimpin apel mengatakan, operasi ini sangat penting dan berisiko karena terkait dengan hajatan politik Pilkada.

Menurut dia, sudah menjadi tanggung jawab dan kewajiban Polri untuk menjaga tahapan pilkada berjalan aman hingga akhir.

"Salah satu yang harus dilakukan adalah mengumpulkan informasi untuk mengantisipasi keamanan. Contohnya adalah kemungkinan pendaftaran pasangan calon dilakukan bersamaan," katanya.
 

Pewarta: Gembong Ismadi/Rolandus Nampu

Editor : Widodo Suyamto Jusuf


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2024