Karyawan-karyawati PT Karya Pak Oles Grup, sebuah perusahaan swasta nasional yang berbasis obat-obatan tradisional yang merupakan terbesar di Bali, melakukan ritual tirta yatra sebagai bentuk kegiatan untuk menutup tahun 2022.

Tirta yatra dilakukan dengan mengadakan persembahyangan bersama  ke Pura Puncak Penulisan berlokasi pada ketinggian 1745 mdpl di wilayah Desa Sukawana, Kabupaten Bangli dan Pura Dalem Balingkang di Desa Pinggan, Kabupaten Bangli.

"Kegiatan tirta yatra ini merupakan rangkaian menutup tahun 2022 sekaligus menyambut Tahun Baru 2023," kata  Manajer Personalia PT Karya Pak Oles Tokcer Nyoman Yuliarsana.

Ratusan karyawan  yang tersebar di seluruh kabupaten/kota di Bali  berangkat  menggunakan  15 mobil ukuran besar (elf) menuju tempat persembahyangan bersama di  Pura Puncak Penulisan, Kintamani, Kabupaten Bangli.

PT Karya Pak Oles grup membawahi 12 divisi, namun yang ikut kegiatan ritual kali ini  hanya karyawan dari  10 divisi. Dua divisi lainnya  tidak bisa bergabung yakni Divisi Usada Pak Oles dan Warung Bukit Hexon. 

"Pihak manajemen  akan mencarikan waktu yang baik dan tepat agar kedua divisi itu  bisa melakukan hal yang sama,"  ujar Nyoman Yuliarsana.

Meskipun pada kegiatan tirta yatra itu harus berhadapan dengan guyuran hujan. Namun hal itu tidak menghalangi dan  mengurangi  semangat karyawan untuk melakukan persembahyangan di pura tertua di Bali yang sudah ada sejak zaman Megalitikum. 

Usai melakukan persembahyangan di Pura Puncak Penulisan, seluruh karyawan istirahat sejenak mendapatkan siraman rohani (darma wacana) dari Direktur Utama PT Karya Pak Oles Grup Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana, M.Agr  dan makan siang bersama. 

Setelah itu dilanjutkan perjalanan menuju Pura Dalem Balingkang yang terletak di Desa Pinggan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli. 

Jarak Pura Dalem Balingkang dari Puncak Penulisan atau Puncak Sukawana di Kintamani sekitar 7.4 Km, perjalanan menuruni lembah dengan tikungan cukup tajam. 

Pujawali atau piodalan di Pura Dalem Balingkang setiap satu tahun sekali yaitu berdasarkan kalender Isaka pada Purnama Kalima, atau sekitar Oktober – November.

Di Pura Dalem Balingkang, rombongan PT Karya Pak Oles Grup melakukan persembahyangan sekitar 1,5 jam dipimpin Jro Mangku Dalem Balingkang. 

Persembahyangan di pura yang berdiri megah pada lahan seluas 15 hektare di wilayah Desa Pinggan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli berlangsung hidmat penuh kebersamaan.
 

Pewarta: Ni Luh Rhismawati

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2022