Denpasar (Antara Bali) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Buleleng, Bali, mengharapkan debat pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahap kedua lebih menonjolkan program kerja realistis dari kedua pasangan calon bupati dan wakil bupati di daerah itu.

"Kami harapkan pasangan calon lebih menampilkan program orisinil demi kemajuan Buleleng kedepan," kata Ketua KPU Buleleng, Gede Suardana, ketika membuka debat publik tahap kedua di Kota Denpasar, Selasa.

Ia mengatakan, debat tahap kedua mengusung tema pembangunan ekonomi, pertanian, pariwisata, hukum dan politik untuk Kabupaten Buleleng.

"Dengan tema itu, diharapkan lahir visi misi yang jelas dari kedua pasangan calon demi kemajuan kabupaten ujung utara Pulau Dewata itu," katanya.

Ia menambahkan, masyarakat juga diharapkan cerdas menilai visi misi pasangan calon. "Kami harapkan program yang orisinil dari kedua pasangan calon sehingga bisa dinilai oleh masyarakat," tambah dia.

Menurut dia, KPU siap melaksanakan Pilkada berintegritas, mandiri independen dan profesioanal demi melahirkan pemimpin Buleleng terbaik.

"Kami juga siap memfasilitasi hak pilih dan merekapitulasi secara akuntabel sesuai dengan Peraturan KPU," kata dia.

Selain itu, kedua pasangan calon diharapkan siap menang dan siap kalah. "Apabila ada permasalahan dan juga sengketa kami harapkan dapat diselesaikan secara hukum," tambah dia.

Ia menyatakan hal ini juga sebagai upaya mencapai target partisipasi masyarakat dalam Pilkada yakni mencapai 85 persen. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Bagus Andi Purnomo

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017