Mangupura (Antara Bali) - Bupati Badung, Bali, Nyoman Giri Prasta mengimbau para siswa dan genarasi muda di daerah itu agar menjauhi minum-minuman beralkohol dan menyalahgunakan narkoba.

"Mari isi hari-hari kita saat muda dengan hal positif, karena narkoba dan minuman beralkohol sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh kita," ujar Giri Prasta di Mangupura, Senin.

Dalam upaya mencegah itu, Pemerintah Kabupaten Badung merancang suatu program pendidikan dalam membentuk karakter anak bangsa agar terhindar dari minuman beralkohol dan narkoba.

Salah satu contoh program yang akan telah dievaluasi Pemkab Badung adalah tentang pendidikan yang masih tergolong mahal.

Untuk itu, Pemkab Badung ke depannya akan merancang pendidikan secara gratis untuk Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas maupun kejuruan di daerah itu.

"Biaya pendidikan gratis ini sebagai salah satu wujud keseriusan pemerintah yang ingin mencetak anak bangsa berkualitas," katanya.

Pendidikan gratis akan diterapkan untuk memberikan pendidikan secara menyeluruh dan merata kepada masyarakat Badung tanpa memandang status sosial.

Selain itu, program pendidikan geratis ini mejadi skala prioritas Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Semesta Berencana Tahun 2016-2021 di Kabupaten Badung.

Ia menegaskan, RPJMD tersebut berlandaskan Pancasila, Undang Undang dasar 1945 dan telah mengadopsi ajaran Tri Sakti Bungkarno.

"Pemkab Badung ingin bersinergitas dengan program pemerintah pusat," ujar Giri Prasta. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Surya

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016