Denpasar (Antara Bali) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bali mengajak seluruh elemen masyarakat Pulau Dewata agar terus meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) sehingga terhindar dari berbagai penyakit.

"Dengan meningkatkan PHBS yang dimulai dari diri sendiri, dan lingkungan sekitar tempat tinggal dengan upaya selalu menjaga kebersihan," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali, dr Ketut Suarjaya, di Denpasar, Kamis.

Upaya Dinas Kesehatan dalam meningkatkan taraf hidup kesehatan masyarakatnya dengan melakukan langkah pencegahan dan mengubah pola perilaku dalam mengatasi persoalan kesehatan.

"Pola hidup sehat harus dimulai dari diri sendiri. Kemudian, program yang telah dibuat oleh Dinkes akan tetap berjalan bersinergi," katanya.

Ia menambahkan bahwa dalam menyambut Hari Kesehatan Nasional ke-50 yang jatuh pada (12/11) mendatang, Dinkes Bali akan melakukan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan kesehatan yakni olahraga, bakti sosial, pengobatan gratis, hiburan serta seminar kesehatan.

Bertepatan dengan momen tersebut, Dinkes Bali akan terus mengajak masyarakat untuk meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat demi menunjang kebugaran fisik setiap masyarakat.

"Masih banyak kegiatan yang dilakukan dan ke depannya keikutsertaan masyarakat juga ditingkatkan," ujarnya.

Dengan mengambil tema. "Indonesia Cinta Sehat" dalam periode emas HKN, pihaknya mengharapkan masyarakat mampu meningkatkan kesadaran dalam menjaga kesehatan diri sendiri dan lingkungan agar tetap bersih.

Selain itu, untuk mengedepankan upaya tersebut akan terus mengupayakan kegiatan promotif dan preventif dalam pola prilaku hidup sehat dengan menyasar semua elemen masyarakat.

"Kita terus melakukan berbagai upaya dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Bali yang juga menyasar ormas, siswa dan lembaga pengambil kebijakan sekalipun," ujarnya. (WDY)

Pewarta: Oleh I Made Surya

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014