Mangupura (Antara Bali) - Pemerintah Kabupaten Belitung, Babel, melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Badung untuk mempelajari perkembangan sektor pariwisata di daerah terkaya di Provinsi Bali itu.

Kunjungan kerja itu dipimpin langsung oleh Bupati Belitung Sahani Saleh bersama Ketua DPRD Belitung Andi Saparudin Lanna beserta sejumlah pejabat terkait yang diterima langsung oleh Bupati Badung Anak Agung Gde Agung di Mangupura, Rabu.

"Tujuan kedatangan kami ke sini untuk bertukar informasi khususnya dalam bidang pengembangan kepariwisataan, perikanan, dan kelautan, serta UMKM," kata Sahani Saleh.

Dia berharap kunjungannya itu dapat memotivasi jajarannya dalam meningkatkan pembangunan di segala bidang, khususnya pengembangan kepariwisataan di daerah yang terkenal dengan julukan Negeri Laskar Pelangi itu.

Pihaknya juga memaparkan secara umum wilayah Kabupaten Belitung serta potensi wilayah yang dimiliki seperti, sektor pariwisata sebagai sektor unggulan, sektor perikanan, dan perkebunan sebagai sektor penunjang pariwisata.

Selain itu, Kabupaten Belitung yang terletak di sebelah timur Pulau Bangka itu mempunyai keanekaragaman budaya dan suku bangsa yang hidup berdampingan.

"Keanekaragaman suku inilah yang salah satu andalan kami sebagai daya tarik wisata dan dengan keragaman suku ini kami ingin menjadikan Belitung sebagai miniaturnya Indonesia," ujarnya.

Sementara Asisten Administrasi Umum Kabupaten Badung I Gusti Ngurah Oka Darmawan didampingi Kabag Humas dan Protokol Anak Agung Gede Raka Yuda saat menerima rombongan Bupati Belitung di ruang Kriya Gosana juga menjelaskan secara umum wilayah Kabupaten Badung.

"Di Kabupaten Badung ada tiga sektor yang menjadi andalan, yakni pariwisata budaya sebagai sektor andalan yang didukung sektor pertanian dalam arti luas dan Industri Kecil dan UMKM sebagai sektor unggulan," ujar Raka Yuda.

Dalam pengembangan pariwisata, selain pariwisata budaya, Kabupaten Badung juga mengembangkan wisata MICE (Meeting, Incentive, Converence, and Exhibition).

Selain itu juga dikembangkan desa wisata di Kabupaten Badung utara.

Oka Darmawan menambahkan bahwa APBD Kabupaten Badung tahun 2014 sebesar Rp3,2 tiliun dan PAD nya mencapai 2,1 Triliun yang memberikan kontribusi terbesar bagi PAD Badung bersumber dari sektor pariwisata melalui pajak hotel dan restoran. (M038/WRA)

Pewarta: Oleh Wira Suryantala

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014