Singaraja (Antara Bali) - Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja, Bali, menyiapkan program kuliah jarak jauh dengan menggunakan perangkat teknologi informasi.

"Sebenarnya kuliah jarak jauh ini sudah kami lakukan sejak ada program PGSD (Pendidikan Guru Sekokah Dasar)," kata Rektor Undiksha Prof Dr Nyoman Sudiana di Singaraja, Kabupaten Buleleng, Sabtu.

Menurut dia, kuliah jarak jauh program PGSD sudah berlangsung dalam tiga angkatan. Saat ini kuliah jarak jauh akan diterapkan pada program-program studi lainnya di perguruan tinggi negeri yang dulunya bernama IKIP Singaraja itu.

"Selama ini tidak ada masalah karena sudah memiliki pengalaman untuk pendidikan jarak jauh, di program PGSD itu," kata Sudiana.

Selain itu pihaknya juga memiliki sarana dan prasarana serta sumber daya manusia yang memadai sehingga mampu merealisasikan program kuliah jarak jauh.

"Tujuan pendidikan jarak jauh ini untuk meningkatkan angka partisipasi kasar (APK) masuk perguruan tinggi. Saat ini APK mahasiswa dirasa masih rendah," katanya. (*/DWA)

Pewarta: Oleh I Made Tirthayasa

Editor : Dewa Sudiarta Wiguna


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013