Komando Daerah Militer(Kodam) IX/Udayana memamerkan alat utama sistem senjata (Alutsista) TNI serangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang diselenggarakan di sebuah pusat perbelanjaan di Jalan Gatot Subroto Timur, Denpasar, Kamis.

Pangdam IX/Udayana Mayor Jenderal TNI Muhammad Zamroni saat membuka pameran alutsista tersebut mengatakan pameran ini digelar masih dalam rangkaian acara HUT Ke 79 TNI, dengan tujuan sebagai sarana edukasi bagi masyarakat, khususnya generasi muda untuk lebih mengenal dan memahami tugas serta peran TNI dalam menjaga kedaulatan negara.

"Pameran ini juga dimaksudkan untuk memberikan informasi  yang diperlukan oleh masyarakat, mudah-mudahan ini menghadirkan dimensi baru untuk memotivasi generasi muda kita bergabung dengan TNI. Selamat menikmati, semoga kehadiran kami di tempat ini memberikan kontribusi baik bagi tempat ini maupun juga bagi masyarakat Bali," kata Pangdam.

Pameran ini akan menampilkan beragam alutsista dan matra darat, laut, dan udara. Beberapa kendaraan militer canggih yang akan dipamerkan antara lain Panser Anoa, Panser Tarantula kendaraan ATV, UTV, serta alat pendukung lainnya seperti robot, body armour, dan perlengkapan tempur TNI lainnya. Pengunjung juga dapat melihat dari dekat miniatur pesawat kapal perang, dan perlengkapan tempur dari berbagai matra TNI.

Baca juga: Prajurit Udayana raih medali emas pencak silat tingkat Asia

Usai memberikan sambutan yang sekaligus menandai dibukanya kegiatan Pameran Alutsista, Pangdam beserta tamu undangan lainnya berkesempatan untuk meninjau stan UMKM binaan TNI dari Kodim Jajaran Korem 163/Wira Satya yang berada di area lantai 2 mal Living World. Stand UMKM tersebut sendiri menampilkan 14 UMKM lokal di bidang fesyen, makanan, dan kriya.

Sementara itu, Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) IX/Udayana, Kolonel Inf Agung Udayana mengatakan pameran Alutsista dalam rangka HUT ke 79 TNI tidak hanya bertujuan untuk menunjukkan kekuatan dan kesiapan pertahanan TNI, tetapi juga untuk lebih mendekatkan TNI kepada masyarakat. Selain itu, kehadiran pameran UMKM pada acara ini juga menjadi salah satu upaya untuk mendukung pengembangan ekonomi lokal.

Pameran Alutsista dan UMKM dalam rangka HUT Ke 79 TNI akan berlangsung mulai tanggal 24 sampai dengan 27 Oktober 2024 di Mall Living World, Denpasar.

Baca juga: Pangdam Udayana pimpin sertijab Komandan Rindam IX/Udayana

Para pengunjung juga akan dihibur dengan digelarnya lomba menyanyi yang digelar pada tanggal 26 Oktober 2024 yang menambah semaraknya pameran alutsista di pusat perbelanjaan itu.

Kolaborasi antara pameran Alutsista dan UMKM bertujuan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi lokal, sekaligus memperkenalkan lebih luas hasil karya UMKM kepada masyarakat.

Maria Lucia, General Manager Living World Denpasar berharap pameran ini dapat menarik perhatian pengunjung kami, memperkuat rasa cinta tanah air, dan menumbuhkan rasa bangga terhadap TNI yang telah melindungi kedaulatan bangsa.

Selain pameran statis, pengunjung juga dapat menikmati atraksi seru seperti joyride yang berikan pengalaman untuk naik kendaraan militer, serta menyaksikan penampilan dari berbagai komunitas yang turut berpartisipasi dalam meramaikan acara ini. Kegiatan interaktif ini bertujuan untuk memberikan pengalaman langsung kepada masyarakat tentang bagaimana alutsista digunakan dalam menjaga pertahanan dan keamanan negara.

 

Pewarta: Rolandus Nampu

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2024