Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja, Bali meresmikan laboratorium baru Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) untuk memperkuat pelaksanaan riset di lingkungan akademisi serta mendukung penelitian yang dilakukan oleh pemerintah daerah dan instansi lainnya.
 
"Pembangunan ini merupakan hasil kerja sama antara Undiksha dan Pemerintah Kabupaten Buleleng serta beberapa kerja sama lainnya guna mendukung laboratorium yang ada," kata Rektor Undiksha, Prof. Dr. I Wayan Lasmawan, M.Pd di Singaraja, Selasa.
 
Ia menyampaikan, pembangunan gedung tersebut juga dilengkapi dengan peralatan yang diantaranya merupakan hibah dari kerja sama antara Sogang University, Korea dengan Leading University Project for International Cooperation (LUPIC).
 
Bukan hanya itu saja, pembangunan salah laboratorium pada fakultas FMIPA itu juga melibatkan tiga universitas di Indonesia yakni Undiksha, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), dan Universitas Negeri Semarang (Unnes).

Baca juga: Undiksha Singaraja uji publik calon bupati dan wakil bupati Buleleng
 
Lasmawan juga mengapresiasi atas dukungan Pemkab Buleleng dan LUPIC dalam pengembangan fasilitas laboratorium ini yang sangat bermanfaat bagi kultur riset kampus pendidikan tenaga kependidikan terbesar di wilayah Indonesia bagian timur tersebut.
 
"Kami berharap keberadaan sarana prasarana ini dapat semakin memudahkan pelaksanaan riset oleh dosen dan mahasiswa. Selain itu, laboratorium ini juga akan mendukung penelitian yang dilakukan oleh pemerintah daerah serta instansi seperti kepolisian dan Badan Narkotika Nasional (BNN)," ungkapnya.
 
Laboratorium FMIPA ini mencakup beberapa fasilitas penting, termasuk laboratorium instrumen kimia, laboratorium fisika terpadu, dan laboratorium bioteknologi. Dengan peralatan yang canggih dan memadai, fasilitas ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan bagi perkembangan riset di berbagai bidang.
 
Sementara itu, Direktur Sogang - LUPIC Project, Korea, Prof. Wonkoo Lee dalam sambutannya juga berharap kerja sama internasional ini dapat terus berlanjut, serta laboratorium tersebut mampu menjadi pusat penelitian yang berkualitas.
 
Peresmian laboratorium ini menandai langkah penting dalam pengembangan riset di Undiksha, memperkuat posisi universitas sebagai pusat pendidikan dan penelitian yang unggul.

Baca juga: Undiksha Singaraja buat program wirausaha muda

Pewarta: IMBA Purnomo/Rolandus Nampu

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2024