Masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Buleleng, Bali melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat melaksanakan pembersihan sungai bertajuk Buleleng Kali Bersih sebagai bagian dari peringatan Hari Bersih se-dunia.
 
"Hari Bersih se-dunia jatuh pada 20 September setiap tahunnya yang pada kesempatan mengambil lokus di Hutan Banyuasri," kata Pelaksana Tugas (Plt) DLH Buleleng Made Adiana di Singaraja, Jumat.
 
Menurut dia, kegiatan tersebut bertujuan untuk membersihkan area sungai di wilayah Buleleng, terutama di beberapa titik prioritas yang memiliki tingkat penumpukan sampah cukup tinggi yang dikoordinatori oleh Kepala Bidang Tata Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Buleleng Made Adiana.
 
Adiana menyampaikan aksi ini dilakukan di empat lokasi strategis, yakni tiga titik di Tukad Banyumala, meliputi jalur selatan Tukad Banyumala, Jembatan Laksamana, dan sebelah timur jembatan di bawah Raider. Lokasi lainnya berada di Tukad Buleleng, tepatnya di belakang RRI Singaraja.
 
"Seluruh instansi dan masyarakat, mulai dari desa hingga kelurahan, ikut serta dalam kegiatan bersih-bersih kali ini," katanya .
 
Dia berharap aksi ini juga dapat mengedukasi masyarakat untuk lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan, terutama dalam pengelolaan sampah rumah tangga yang banyak berakhir di sungai.
 
DLH Buleleng sebelumnya telah melakukan penyuluhan kepada masyarakat yang tinggal di bantaran sungai terkait pentingnya pembuangan sampah yang benar. Penyuluhan ini dilakukan secara rutin di wilayah-wilayah yang berpotensi tinggi terhadap timbunan sampah.
 
"Kegiatan ini bukan hanya untuk hari ini saja. Kami secara rutin melaksanakan aksi serupa setiap Jumat di wilayah-wilayah sungai dengan tingkat sampah yang tinggi. Selain itu, DLH juga memiliki tenaga khusus untuk menangani kebersihan sungai," kata Made Adiana.
 
Pihaknya juga berharap keterlibatan semua pihak dalam menjaga kebersihan lingkungan, terutama masyarakat.
 
"Potensi sampah terbesar berasal dari rumah tangga di sekitar sungai. Oleh karena itu, penting bagi seluruh masyarakat untuk turut serta dalam menjaga lingkungan demi keberlangsungan hidup kita semua," pungkasnya.

Pewarta: IMBA Purnomo/Rolandus Nampu

Editor : Widodo Suyamto Jusuf


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2024