Pemerintah Kabupaten Badung, Bali terus berupaya menumbuhkan sektor perekonomian salah satunya melalui kegiatan Badung Investment Expo 2024.
 
“Kegiatan ini tidak hanya menjadi ajang promosi potensi investasi di Bali, tetapi juga diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujar Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa dalam keterangannya di Mangupura, Jumat.
 
Kegiatan yang mengusung tema “Mendorong Keberlanjutan Investasi untuk Pertumbuhan Perekonomian Daerah dan Kesejahteraan Masyarakat 2024” itu diharapkan dapat menarik perhatian berbagai instansi pemerintah dan pelaku usaha. 
 
Sejumlah sektor unggulan seperti pariwisata, ekonomi kreatif, perindustrian, perdagangan, dan UMKM menjadi sorotan utama dalam pameran yang akan berlangsung hingga hari ini Jumat (20/9).
 
Ketut Suiasa mengatakan kegiatan tersebut menunjukkan komitmen pemerintah dalam memajukan perekonomian daerah melalui UMKM dan menekankan pentingnya investasi dalam mendorong pertumbuhan ekonomi daerah.
 
“Dalam membangun bangsa, salah satu kunci utamanya adalah bagaimana kita mengelola anggaran dengan baik untuk memacu investasi," kata dia.
 
Ia juga menyoroti pentingnya kerja sama internasional dalam menarik investasi. 
 
Menurut dia dengan menggabungkan upaya menarik investasi, baik dari dalam negeri maupun luar negeri, serta mengembangkan sektor UMKM untuk ekspor maka pertumbuhan ekonomi Bali dapat semakin dipercepat.
 
"Tidak mungkin kami bisa mencapai pertumbuhan ekonomi yang signifikan tanpa adanya investasi dari luar. Oleh karena itu, kami harus terus berupaya untuk menarik investor baik dari dalam negeri maupun mancanegara," ungkap dia.
 
Melalui Badung Investment Expo itu Pemkab Badung juga berupaya meningkatkan kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara ke Bali, khususnya ke Kabupaten Badung. 
 
Peningkatan kunjungan wisatawan itu diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian masyarakat, terutama bagi para pelaku UMKM.
 
"Kami berharap melalui ajang ini, kunjungan wisatawan ke Bali semakin meningkat dan akan berdampak positif bagi perekonomian masyarakat, khususnya bagi para pelaku UMKM," imbuhnya.
 
Sementara itu, Kepala DPMPTSP Badung I Made Agus Aryawan menambahkan ajang Badung Investment Expo 2024 ini bertujuan untuk memfasilitasi terjadinya pertukaran informasi dan interaksi antara pengusaha dengan calon investor.
 
“Dengan adanya kegiatan ini, para pelaku usaha mendapatkan kesempatan untuk mempromosikan produk atau jasanya secara langsung kepada calon investor," kata dia.

Pewarta: Fikri Yusuf/Rolandus Nampu

Editor : Widodo Suyamto Jusuf


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2024