Pemerintah Kabupaten Badung, Bali menyerahkan Bantuan Keuangan Khusus (BKK) dan dana hibah sekitar Rp47 miliar kepada masyarakat Kabupaten Klungkung yang bersumber dari APBD Badung tahun anggaran 2024.
 
“Penyerahan BKK dan hibah ini merupakan rangkaian dari program Badung Angelus Buana untuk membantu dan mendukung pembangunan di berbagai daerah melalui penyisihan Pajak Hotel dan Restoran (PHR) Kabupaten Badung,” ujar Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta di Nusa Penida, Klungkung, Jumat.
 
Ia menjelaskan jumlah penerima dana hibah Badung di Kabupaten Klungkung sebanyak 13 penerima dengan total jumlah bantuan sebesar Rp.13.040.000.000 dan BKK kepada pemerintah Kabupaten Klungkung berjumlah Rp34.557.902.237 untuk 79 kegiatan.
 
Menurutnya, dana bantuan keuangan khusus itu digunakan untuk pemberdayaan masyarakat dan percepatan pembangunan dalam rangka meningkatkan partisipasi dan swadaya masyarakat dalam membangun, memelihara fasilitas umum/infrastruktur prasarana dan sarana di lingkungannya masing-masing.
 
“Saya berpesan kepada penerima dana hibah dan Bantuan Keuangan Khusus agar selalu bersatu padu melaksanakan semua program pembangunan di wilayah masing-masing," kata dia.
 
Bupati Giri Prasta mengatakan program tersebut merupakan penerapan dari ajaran Tri Kaya Parisudha dalam filosofi agama Hindu, yakni Manacika, Wacika dan Kayika yang bermakna bahwa bermula dari pikiran yang baik dan benar, akan mengalir ucapan dan perbuatan yang baik dan benar pula.
 
"Kebahagiaan dan kesejahteraan masyarakat, tidak hanya diucapkan saja tapi kita wujudkan dengan berupaya,” kata dia
 
Sementara itu, Pj. Bupati Klungkung Nyoman Jendrika menambahkan sinergitas pembangunan antara Pemkab Badung dengan Pemkab Klungkung telah berjalan dengan sangat baik.
 
Oleh sebab itu, mewakili masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Klungkung dirinya menyampaikan terima kasih kepada Bupati Giri Prasta dan Pemkab Badung karena telah banyak membantu pemerintah dan masyarakat Kabupaten Klungkung.
 
"Inilah wujud partisipasi langsung Pemkab Badung membantu pembangunan Klungkung.. Kami juga akan mengajukan permintaan bantuan kepada Pemkab Badung untuk mewujudkan pengembangan pariwisata di Nusa Penida agar Klungkung bisa bangun, bangkit menghasilkan pendapatan asli daerah yang lebih besar," kata dia.


Baca juga: Bupati Badung diskusi BKK dengan 129 kades se-Kabupaten Buleleng

Baca juga: Pemkab Badung serahkan Rp100 miliar untuk Kabupaten Jembrana

Baca juga: Pemkab Badung serahkan dana hibah dan BKK Rp979 M untuk pembangunan

Baca juga: Pemkab Badung hibahkan Rp109 miliar untuk masyarakat Karangasem

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf/Rolandus Nampu

Editor : Widodo Suyamto Jusuf


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2024