Sebanyak 15 karyawan PT Karya Pak Oles Grup bersama 50 wisatawan mancanegara yang sedang menikmati liburan di Bali merasakan efek ruangan panas 40 derajat celcius saat mengikuti latihan yoga yang dikenal sebagai Hot Yoga Bikram pimpinan Mr Ian Terry dari Inggris di Soham Wellness Center  (pusat kesehatan) di Kuta Utara, Kabupaten Badung.

"Mereka setiap hari secara bergiliran mengikuti latihan yoga Bikram selama dua minggu (21 Januari hingga 2 Februari 2024)," kata Direktur Utama PT Karya Pak Oles Grup, Dr Ir Gede Ngurah Wididana, M.Agr yang juga instruktur yoga internasional yang lebih dulu mengikuti latihan yoga Bikram tersebut selama tiga minggu.

Yoga FX pimpinan Mr Ian Terry dari Inggris sengaja mengundang grup yoga Pak Oles untuk berlatih yoga bersama puluhan peserta yoga yang berasal dari berbagai negara di belahan dunia.

Latihan yoga dipimpin Mr Ian Terry sebagai guru yoga, kelas yoga berlangsung selama 90 menit dengan mengikuti alur 26 gerakan atau pose yoga bikram. 

Ruang panas dibantu dengan dua heater berkekuatan 30 kilowatt dan 15 kilowatt yang diarahkan/disemburkan ke dalam ruangan. Efek panas sangat membantu keluarnya racun/detoks dari dalam ke luar tubuh melalui keringat. 

Efek kesehatan seperti penurunan asam urat, kolesterol bisa dirasakan setelah melakukan Hot Yoga 90 menit selama dua minggu. 

Efek yang mudah dilihat adalah penurunan berat badan dan membuat perut kecil. Pada awalnya banyak peserta yang ragu apakah mereka bisa melanjutkan pose 26 gerakan yoga bikram.

Kenyataannya sebagian besar peserta menikmati efek panasnya yang bisa menguras keringat sampai dua lapis baju kaos, celana dalam dan celana luar menjadi basah kuyup seperti kehujanan.

Selesai  melakukan Hot Yoga peserta bisa mandi air hangat atau berenang di kolam dan bagi mereka yang baru mengikuti Hot Yoga akan merasakan sensasi yang menyenangkan sekaligus menegangkan. Semua peserta merasa puas.

Pak Oles yang sukses mengelola sebuah perusahaan swasta nasional yang berbasis obat-obatan tradisional terbesar di Bali itu mengaku, memiliki pengalaman yang menarik, karena penuh tantangan dan disiplin. 

Ia mengaku mengikuti Hot Yoga Bikram selama tiga minggu (200 jam) merasa lebih lentur dan disiplin dalam berlatih yoga setiap hari. Selain itu juga telah menerima sertifikat sebagai pelatih yoga.

"Bagi saya sertifikat itu hanya hiasan untuk kenangan bahwa pelatihan itu pernah saya lakukan, ada hal jauh lebih penting dari sertifikat, yakni saya harus bisa mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga ini menjadi jalan yang baik untuk bisa meningkatkan imun tubuh, sehat, awet muda dan tetap semangat," ujar Pak Oles. 

Dalam setahun terakhir mengintensifkan latihan yoga di empat unit usaha bisnis yang melibatkan seluruh karyawan yakni di kantor Pusat Nusa Kambangan Denpasar, Jalan Komodo Denpasar, Jalan Tukad Balian Denpasar dan Jalan Letda Kajeng Denpasar.

Selain itu di  pusat pengembangan Produk Ramuan Pak Oles dan pabrik pupuk hayati Efective Microorganisms 4 (EM4) di Desa Bengkel, Buleleng dilengkapi  enam unit tempat latihan yoga yang terdiri atas tempat yoga hotroom, wantilan yoga, rooftop yoga, yoga semberani, silent yoga dan yoga nidra.

Tempat berlatih yoga tersebut bernuansa alami, dikelilingi kebun cengkeh, durian, coklat, serta kebun bunga yang tertata rapi. Bangunan yoga tersusun bertingkat sesuai terasering lahan.

Masing-masing ketinggian terasering menawarkan pemandangan alam yang berbeda nuansa keindahan alam. Villa IPSA telah berhasil melatih dua orang guru bersertifikat yoga Bikram 200 jam, satu orang guru bersertifikat yin yoga 65 jam, satu orang guru (master Reiki) dan 15 orang guru bersertifikat yoga Bikram 25 jam 

Selain itu membangun studio yoga di Jalan Pendidikan, Sidakarya, Denpasar Selatan siap melatih generasi muda untuk lebih kreatif dan produktif, melalui praktik dan gaya hidup yoga dan qigong, dengan olah nafas, olah tubuh dan olah pikir.

Yoga Studio dan Watugunung Qigong Therapy segera beroperasi dengan membuka kelas baru untuk masyarakat umum dan tidak tertutup kemungkinan wisatawan mancanegara yang sedang menikmati liburan di Bali.

Kelas baru yang akan dibuka terdiri atas Yin yoga, Power yoga, Bikram yoga, Astangga, Qigong dan Reiki yang dilatih oleh masing-masing instruktur profesional. Pak Oles Studio melayani masyarakat umum setiap hari, dijaga seorang karyawan. 
 

Pewarta: Ni Luh Rhismawati

Editor : Widodo Suyamto Jusuf


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2024