Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Kabupaten Jembrana, Bali diingatkan untuk netral, profesional dan berintegritas dalam menjalankan tugasnya.


“PPS memiliki otoritas di wilayah kerjanya. Karena itu kesuksesan pemilu sangat tergantung kepada saudara sekalian. Jaga netralitas dan berlakulah adil terhadap semua peserta pemilu,” kata Bupati Jembrana I Nengah Tamba saat memberikan sambutan dalam pelantikan PPS, di Negara, Selasa.

Ia mengatakan, tugas dan amanah utama PPS adalah dengan tidak memihak kemanapun, sehingga pemilu dapat berjalan lancar dan dapat dipertanggungjawabkan.

Ketua KPU Jembrana I Ketut Gede Tangkas Sudiantara mengatakan, sebanyak 153 PPS dilantik, yang akan bertugas di 50 desa/kelurahan. “Sebelum dilantik, mereka mengikuti seleksi lewat tes tertulis maupun wawancara,” katanya.

Tugas awal PPS melakukan pemetaan TPS serta turut dalam pemutakhiran data pemilih. Terkait netralitas, ia menegaskan, itu syarat mutlak bagi penyelenggara pemilu. “Petugas pemilu di semua tingkatan harus netral. Sikap netral itu yang kami gali saat tes wawancara dan tertulis terhadap mereka,” katanya.***2***

 

 

 

Pewarta: Gembong Ismadi

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023