Bupati Karangasem I Gede Dana menyampaikan bahwa Perguruan Tinggi Politeknik Negeri Bali kampus Karangasem akan mulai resmi dibuka pada akhir Februari 2022.

"Untuk proses pendaftaran mahasiswa baru akan di mulai di akhir Februari 2023 dan dilaksanakan tiga gelombang, yakni jalur  prestasi, SNMPTN dan jalur mandiri," kata Gede Dana di Kabupaten Karangasem, Jumat.

Bupati Gede Dana memastikan bahwa calon mahasiswa baru Politeknik Negeri Bali kampus Karangasem dapat mendaftarkan diri untuk mengikuti tahun akademik 2023-2024 karena Surat Keputusan (SK) dan izin pelaksanaan perkuliahan telah diluncurkan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

"Artinya sah, 2023, di Kabupaten Karangasem, Politeknik Negeri Bali kampus Karangasem berdiri dan mulai menerima lulusan SMA/SMK/MA sederajat di Kabupaten Karangasem atau kabupaten lainnya yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan ke perguruan tinggi," ujarnya.

Baca juga: Politeknik Negeri Bali di Karangasem terima mahasiswa mulai 2023

Orang nomor satu di Pemkab Karangasem ini menyebut pembentukan kampus sebagai mimpi masyarakat yang akhirnya terwujud, pasalnya perguruan tinggi ini merupakan PTN pertama di kabupaten tersebut.

"Ini bagian dari tanggungjawab kami Pemerintah Kabupaten Karangasem dalam upaya peningkatan IPM serta pembentukan SDM yang memiliki daya saing tinggi," kata dia di Ruang Rapat Wakil Bupati Karangasem.

Dalam pertemuannya bersama Rektor Kepala Politeknik Negeri Bali Drs I Dewa Made Mahayana, Gede Dana meminta agar nantinya pihak kampus rutin berkoordinasi dan berkoordinasi dengan pemerintah daerah terkait kebutuhan yang diperlukan.

"Untuk tahun 2023 kita belum memasang subsidi, saya inginkan untuk kelengkapan sarana dan prasarana perkuliahan bisa segera siap. Saya yakin walaupun hanya baru membuka dua sampai dengan empat kelas pasti akan banyak yang masuk. Saya juga liat, animo orang yang kuliah di STKIP sangat banyak, apalagi di politeknik," kata dia yakin.



Dalam pertemuan itu, Gede Dana juga menyampaikan pihaknya akan mengadakan sosialisasi untuk mengenalkan perguruan tinggi negeri tersebut dengan cara mendatangi sekolah-sekolah serta promosi melalui media sosial.

Rektor Kepala Politeknik Negeri Bali menambahkan dengan diberikannya izin pelaksanaan perkuliahan umum di kampus Karangasem artinya perkuliahan sudah dapat dimulai pada September 2023, dengan pendaftaran yang dimulai tujuh bulan sebelumnya.

"Harapan saya supaya banyak anak-anak yang melakukan pendaftaran. Terkait dosen pengajar, kita masih menggunakan dosen Politeknik Negeri Bali. Kita juga akan usahakan merekrut dosen dari Karangasem, karena untuk sekarang kita membutuhkan dosen cukup mendesak, maka kita akan melakukan proses kontrak dosen, dan kita juga akan segera melakukan sosialisasi terkait hal ini," kata Mahayana menambahkan.

Pewarta: Ni Putu Putri Muliantari

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2022