Bupati Karangasem I Gede Dana menyampaikan Politeknik Negeri Bali kampus Karangasem mulai menerima mahasiswa baru pada tahun 2023, sebagai wujud dari program peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) daerah tersebut.

"Misi Pemkab Karangasem di bidang pendidikan dan peningkatan SDM hampir sepenuhnya tercapai. Tahun 2023 Politeknik Negeri Bali kampus Karangasem mulai menerima mahasiswa baru dua Program Studi yang bisa dipilih yakni D3 Perhotelan dan D3 Administrasi Bisnis," kata Gede Dana dalam keterangan tertulis yang diterima dari Humas Pemkab Karangasem, Senin.

Gede Dana menjelaskan berdirinya kampus Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Bali Timur itu berkaitan dengan visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali di Karangasem, yaitu peningkatan SDM yang handal, berdaya saing tinggi, serta membangun pariwisata yang handal melalui pembangunan destinasi dan promosi yang ditunjang dengan infrastruktur pedesaan yang memadai dan terkoneksi.

Pendirian kampus di Kabupaten Karangasem tersebut tak lepas dari proses panjang, hingga akhirnya berdasarkan hasil verifikasi yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek secara umum, pendirian kampus dinilai memenuhi persyaratan.

"Dengan demikian, tahun depan, jika tidak ada halangan, penerimaan mahasiswa baru sudah mulai dibuka. Ada dua kampus yang telah kami persiapkan yakni di Gedung Disnakertrans dan di Gedung SKB Jasri,” kata Gede Dana.

Baca juga: 235 warga Karangasem terima bantuan dana perbaikan rumah

Sementara itu, Direktur Politeknik Negeri Bali I Nyoman Abdi, menjelaskan proses visitasi dan verifikasi sebelum PTN tersebut didirikan telah dilakukan untuk memastikan kesiapan Kabupaten Karangasem dalam menyelenggarakan Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) Politeknik Negeri Bali.

“Untuk awal pendirian, kami akan menyiapkan dua prodi yakni Perhotelan dan Administrasi Bisnis. Kita lihat perkembangan ke depan, tidak tertutup kemungkinan menambah prodi lagi seperti Pertanian dan Teknik Mesin, sesuai kebutuhan masyarakat Karangasem,” kata Abdi.

Di tahun pertamanya nanti, Politeknik Negeri Bali kampus Karangasem akan menerima 120 mahasiswa, untuk mendukung upaya peningkatan SDM maka dilakukan pula kerjasama dengan industri pariwisata yang dapat menjadi lokasi praktek mahasiswa hingga merekrut lulusannya kelak.

Baca juga: Perdagangan di pasar hewan Bebandem Karangasem capai Rp530 juta sehari

Pewarta: Ni Putu Putri Muliantari

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2022