Sebanyak 235 warga yang tergolong masyarakat berpenghasilan rendah di Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali, menerima bantuan dana perbaikan rumah setelah mengajukan permohonan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) ke Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Menurut Bupati Karangasem Gede Dana di Karangasem, Rabu, bantuan dana perbaikan rumah senilai Rp20 juta per unit rumah diberikan kepada 235 warga dari dua kelurahan dan tiga desa di tiga kecamatan.

Ia mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Karangasem mendapat alokasi dana Rp4,7 miliar dari pemerintah pusat untuk Program BSPS Tahun 2022.

Pada acara serah terima buku tabungan BSPS kepada penerima bantuan di Karangasem, Gede Dana menyampaikan bahwa BSPS ditujukan untuk membantu masyarakat berpenghasilan rendah memiliki rumah layak, sehat, aman, dan nyaman.

Baca juga: Perdagangan di pasar hewan Bebandem Karangasem capai Rp530 juta sehari

"Masih banyak keluarga yang belum memiliki rumah yang layak huni sehingga dengan program BSPS ini dapat meringankan beban masyarakat di wilayah Kabupaten Karangasem dalam meningkatkan kualitas rumah," katanya

Bupati mengatakan bahwa dalam pelaksanaan program tersebut tim verifikasi, koordinator kabupaten, dan tenaga fasilitator lapangan harus bekerja optimal untuk membantu perbaikan rumah warga.

Kepala Seksi Wilayah I Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Jawa IV I Made Wardiha mengatakan bahwa penerima BSPS tahun 2022 tersebar di tujuh kabupaten di Provinsi Bali, termasuk Kabupaten Karangasem.

"Pada pelaksanaan kegiatan BSPS ini besar harapan kami penerima bantuan didampingi koordinator kabupaten, tenaga fasilitator lapangan, serta tim verifikasi dapat menyelesaikan kegiatan BSPS tepat waktu, tepat sasaran, tepat mutu, dan akuntabel sesuai dengan panduan teknis yang berlaku," katanya.

Baca juga: Pemkab Karangasem tugaskan dokter awasi kesehatan sapi di pasar

Pewarta: Ni Putu Putri Muliantari

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2022