Pemerintah Kabupaten Badung, Bali mengajak umat beragama termasuk umat Muslim di wilayahnya untuk dapat terus meningkatkan persatuan dan persaudaraan.

"Kami mengajak kepada semua umat untuk terus bersama-sama meningkatkan persaudaraan sebagai sebuah bangsa, meningkatkan persaudaraan sesama umat manusia dan meningkatkan persaudaraan di antara sesama umat Islam," ujar Sekretaris Daerah Badung I Wayan Adi Arnawa saat peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Tahun 2022/1444 Hijriah di Kerobokan Kaja, Badung, Minggu.

Ia mengatakan, untuk dapat mewujudkan persatuan umat beragama, pihaknya berharap seluruh komponen umat Islam di Badung dapat memberikan perhatian yang sungguh-sungguh dalam membina umat.

Selain itu, umat beragama juga diajak untuk melihat kebhinekaan sebagai anugerah yang harus dikelola dengan baik sehingga dapat menjawab tantangan bangsa dalam kebersamaan.

"Sehingga apapun hasil yang diperoleh nantinya, dapat terus membangun kebersamaan dan persatuan dalam keberagaman," katanya.

Sekda Wayan Adi Arnawa menambahkan, peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW merupakan tradisi yang kental pada masyarakat di kalangan umat Muslim. Tidak hanya di Indonesia, tradisi itu juga diperingati oleh umat Islam di berbagai belahan dunia.

Baca juga: Pemkab Badung tingkatkan ketahanan pangan dengan kebun kota

Secara substansial, Maulid Nabi merupakan perayaan yang digelar sebagai upaya untuk mengenal akan keteladanan Nabi Muhammad SAW sebagai pembawa ajaran agama Islam.

"Dengan memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW diharapkan umat Muslim dapat mengingat kembali teladannya dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Kita patut meneladani buah pikiran yang cerdas dan jernih, ucapan yang santun dan lembut, serta tindakan yang arif dan bijaksana," ungkap dia.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Tahun 2022/1444 Hijriah itu diselenggarakan oleh Yayasan Al Hikmah di Gedung Serbaguna Al Hikmah Badung dengan mengambil tema “Rasulullah Muhammad SAW, Idola dan Inspirasiku”.

Peringatan tersebut dimeriahkan dengan berbagai bentuk kegiatan yang sesuai tradisi dan budaya seperti bakti sosial, jalan sehat, bazar, shalawatan serta menghias telur.

Ketua Yayasan Al Hikmah Pery F Rizal menambahkan, pihaknya mengapresiasi dan berterima kasih kepada jajaran Pemkab Badung yang telah mendukung pelaksanaan kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 H itu.

"Mari bersama-sama mendoakan Bapak Bupati Badung Giri Prasta dan Bapak Sekda Badung Adi Arnawa selalu diberikan kesehatan dan mudah-mudahan beliau bisa menjadi pemimpin yang dekat dengan masyarakatnya," ujar dia.

Baca juga: Pemkab Badung gali potensi pembalap muda motocross

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2022