Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Badung, Bali bersama Gabungan Istri Anggota Wakil Rakyat (Gatriwara) Badung berupaya untuk meningkatkan kapasitas perempuan di bidang politik.

Kepala Dinas P2KBP3A Badung I Nyoman Gunarta di Mangupura, Senin mengatakan, kehadiran perempuan di ruang politik semakin mendapat tempat dan dalam konstitusi sudah diatur mengenai kesetaraan antara perempuan dan laki-laki.

"Tidak ada perbedaan dimata hukum dan pemerintahan, akan tetapi secara realita politik bagi perempuan masih sulit untuk memenuhi kuota 30 persen perempuan," ujarnya.

Ia menjelaskan, saat ini di Badung jumlah perempuan yang menduduki legislatif adalah sebesar 22,5 persen dari seluruh anggota legislatif. Sementara, berdasarkan hasil survei BPS tahun 2021 di Kabupaten Badung, angka indeks pemberdayaan gender di Badung adalah sebesar 76,99 persen.

Baca juga: Dialog B20-G20 luncurkan cetak biru pemberdayaan perempuan

Menurut Nyoman Gunarta, keadaan itu menggambarkan tiga indikator partisipasi atau keterlibatan perempuan yang masih perlu ditingkatkan untuk menggerakkan roda pembangunan di Badung.

"Kami menaruh harapan agar masyarakat khususnya kaum perempuan memiliki kecerdas
an politik, tidak hanya menjadi objek dalam pesta demokrasi, namun menjadi subjek yang kritis dalam menentukan pilihan politik, sekaligus menjadi pendorong pendewasaan politik untuk memperjuangkan aspirasi rakyat, bukan kepentingan perorangan atau kelompok," ujar Nyoman Gunarta.

Ketua Gatriwara Kabupaten Badung Ayu Suartini Parwata menjelaskan, pihaknya mendorong kaum perempuan untuk terus berkiprah dan berkarya dalam memberdayakan dirinya, mampu mandiri secara ekonomi dan berperan lebih luas untuk turut serta bersinergi dengan program pembangunan di Kabupaten Badung.

"Para kader potensial perempuan partai politik, pengurus dan anggota Gatriwara di Badung juga terus bersama-sama berupaya meningkatkan kapasitas perempuan di bidang politik," ungkapnya.

Baca juga: G20 MCWE sepakat kolaborasi dukung pemberdayaan perempuan

Gatriwara juga berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas anggotanya sehingga mampu bersaing secara terbuka dan mampu berkiprah secara aktif dalam memberikan kontribusi pemikiran, gagasan serta pandangan terhadap program kerja Gatriwara.

"Ini dilakukan dengan harapan nantinya kami mampu bekerja secara profesional dalam menjalankan program kerja yang terintegrasi," katanya.

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2022