Kepolisian Daerah (Polda) Bali mengirimkan delapan orang anggota Polda Bali untuk mengikuti International Narcotics and Enforcement Law (INL) yang akan dilaksanakan di Dallas, Amerika Serikat sebagai salah satu bukti keseriusan dalam memerangi peredaran narkotika, psikotropika dan obat terlarang.

Wakapolda Bali Brigjen Pol. I Ketut Suardana dalam sambutannya di Denpasar mengatakan kunjungan kerja tim INL ke Polda Bali merupakan bagian dari kerja sama dalam penanggulangan masalah narkoba, perlindungan terhadap perempuan dan anak serta cyber crime.
 
"Saya berharap kunjungan ini dapat mempererat kerja sama, baik pada bidang peningkatan kemampuan personil maupun keikutsertaan personil kepolisian, khususnya personil Polda Bali dalam pelatihan-pelatihan terkait perlindungan perempuan dan anak, penanggulangan penggunaan narkoba dan kejahatan di dunia maya," kata Wakapolda Bali di Denpasar, Bali, Senin.
 
Wakapolda Bali Brigjen Pol. I Ketut Suardana mengatakan pihaknya sangat bersyukur menerima kunjungan dan juga siap memberangkatkan delapan anggotanya untuk terlibat dalam kerja sama internasional tersebut.
 
Direktur INL Ken Zurcher dalam sambutannya menyampaikan terima kasih sudah diterima dengan baik oleh Wakapolda Bali di Mapolda Bali.

Baca juga: PHRI-Polda Bali verifikasi sistem pengamanan akomodasi hotel untuk G20

Ken Zurcher menyatakan kunjungan ini merupakan kerja sama bilateral antara Indonesia dan Amerika Serikat dalam upaya bersama menanggulangi transnational crime (kejahatan internasional).
 
"Terima kasih sudah menerima kami, ini merupakan langkah kerja sama bilateral yang dapat menambah informasi terkait permasalahan yang terjadi di kedua negara, sehingga dapat belajar bersama dalam menanggulangi kasus kasus kejahatan," kata Direktur INL.
 
Selain Ken Zurcher yang saat ini menjabat Direktur INL, pertemuan itu juga dihadiri oleh Moja Nurkalam yang menjabat sebagai Program Specialist INL, Direktur reserse narkoba (Ditres narkoba) Polda Bali , Wadir Reskrimum Polda Bali dan Kasubdit V Ditreskrimsus Polda Bali.
 
Biro International Narcotics and Law Enforcement Affairs (INL) adalah penyedia layanan internasional untuk mendukung operasi kontra-narkotika dan penegakan hukum terhadap pelanggaran hak perempuan dan anak.
 
Badan Narkotika Nasional (BNN) Republik Indonesia sendiri dalam kunjungan kerja bilateral di Washington dan New York, Amerika Serikat, pada tanggal 7-22 April 2022 dengan INL juga menekankan tentang pentingnya kampanye antinarkoba melalui media dengan melibatkan berbagai pemangku kepentingan seperti yang telah dilakukan oleh Indonesia.

Baca juga: Kemenhub dan Polda Bali koordinasi persiapan jelang KTT G20

Pewarta: Rolandus Nampu

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2022