Bupati Buleleng, Bali, Putu Agus Suradnyana mengajak semua pihak turut serta bersama-sama menjaga kelestarian lingkungan di daerah itu sebagai wujud nyata perlindungan terhadap alam menjelang perhelatan G20 di Bali yang juga akan membahas isu energi hijau.

"Pelestarian lingkungan adalah tanggung jawab bersama. Oleh karena itu, saya mengajak semua pihak ikut serta di dalamnya," kata Agus Suradnyana saat menghadiri peluncuran program pemuliaan air di Danau Tamblingan, Kabupaten Buleleng, Bali, Minggu.

Ia mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan program pemuliaan air guna menjaga ekosistem dan ketersediaan air bagi masyarakat Bali pada umumnya dan masyarakat Buleleng pada khususnya.

Baca juga: Pemkab Buleleng-STAHN Mpu Kuturan gencarkan penyelamatan lingkungan jelang G20

"Kita harus jaga betul pemuliaan air ini agar keberadaan air bersih di Buleleng terus dapat terjaga, dan kita harus benar-benar tertib dengan rencana tata ruang yang kita buat tentu edukasi dan literasi tata ruang yang yang kita bangun adalah melihat ekosistem yang berkelanjutan, sehingga kita bisa masukkan ke RDTR yang kita buat," katanya.

Pihaknya pun berpesan, kegiatan penanaman pohon harus diimbangi dengan pemeliharaan secara intensif, sehingga kegiatan yang dilakukan tidak menjadi sia-sia.

"Penanaman pohon jangan hanya sifatnya seremonial saja, pohon kecil-kecil dan yang tidak asli dari kawasan ini sehingga pohon tidak bisa tumbuh dengan baik," pesannya.

Bukan hanya itu saja, Agus berpesan agar perlindungan danau dalam konteks ekosistem ikan tetap memperhatikan keadaan ideal dan efektivitas pelepasan ikan itu sendiri.

"Selama ini, kami rutin melepaskan ikan di danau setiap bulan sekali. Adapun ikan yang kami lepas adalah yang ukurannya sedang dan besar, sehingga tidak dimakan ikan predator. Saya berpesan juga ikan yang dilepas bukan yang kecil-kecil karena tidak efektif," tutur dia.

Baca juga: Yayasan Puri Kauhan Ubud Bali bersihkan sampah area Danau Batur jelang G20

Agus menilai jika ekosistem ikan terjaga baik maka akan dapat memberikan kontribusi terhadap masyarakat. Utama kepada para pemancing di daerah itu. "Memang tidak boleh ada keramba apung. Tapi, disini banyak ada pemancing, sehingga harapannya dapat dimanfaatkan ketika memang ekosistem ikan terjaga," kata Agus.

Program pemuliaan air serangkaian dengan kegiatan Yayasan Puri Kauhan Ubud bersama Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri (STAHN) Mpu Kuturan Singaraja itu diluncurkan Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono di tepi Danau Tamblingan, Buleleng, Minggu (15/5/2022).

Pewarta: IMBA Purnomo

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2022