Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Cabang Bali Denpasar Opik Taufik meyakini jumlah peserta di daerah setempat akan meningkat seiring dengan makin mudahnya pembayaran iuran lewat agen BRILink di seluruh Indonesia.

"Kerja sama ini secara tidak langsung akan mendorong peningkatan jumlah kepesertaan BPJAMSOSTEK, khususnya pekerja bukan penerima upah (BPU)," kata Opik Taufik di Denpasar, Kamis.

Ia menyampaikan hal tersebut, terkait kerja sama yang sudah ditandatangani Direktur Kepesertaan BPJAMSOSTEK Zainudin bersama Institutional and Wholesale Business Director Bank BRI Agus Noorsanto, mengenai kanal pembayaran iuran BPJAMSOSTEK melalui agen BRILink.

Menurut dia, untuk Cabang Bali Denpasar sudah bekerja sama dengan BRI, khususnya dengan para agen BRILink. "Sudah kami sosialisasikan tentang program dan iuran BPJAMSOSTEK, kemudian ditindaklanjuti ke masing-masing Kantor Cabang Bali Denpasar," ujarnya.

Bahkan, kata Opik, BRI Bali Nusra menargetkan para Agen BRILink ini menjadi peserta BPJAMSOSTEK, tidak hanya menerima iuran saja. Bahkan ke depannya keluarga Agen BRILink ini masuk sebagai peserta.

Baca juga: BPJS Ketenagakerjaan hadirkan layanan pembayaran iuran lewat BRILink

Ia mengemukakan, potensi Agen BRILink Bali Nusra mencapai 12 ribu agen, tetapi yang aktif baru 50 persen. "Jadi yang dioptimalkan yang aktif sambil kami monitoring setiap tiga bulan," ujarnya.

Opik Taufik pun mengajak seluruh pekerja untuk segera mendaftar menjadi peserta BPJAMSOSTEK karena beragam manfaat bisa diperoleh.

Peserta BPJAMSOSTEK memiliki beragam manfaat program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), di antaranya perawatan dan pengobatan tanpa batasan biaya, sesuai kebutuhan medis, santunan pengganti upah selama tidak bekerja, santunan kematian sebesar 48 kali upah hingga manfaat beasiswa bagi dua orang anak.

Selain itu, katanya, peserta yang ikut dalam program Jaminan Hari Tua (JHT) juga bisa mendapatkan manfaat layanan tambahan (MLT) berupa bunga ringan untuk Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Pinjaman Renovasi Perumahan (PRP) dan Pinjaman uang muka perumahan (PUMP).

"Dengan hadirnya layanan BPJAMSOSTEK dekat dengan pekerja, diharapkan semakin banyak pekerja yang terlindungi jaminan sosial ketenagakerjaan dari BPJAMSOSTEK, sehingga mereka dapat bekerja dengan tenang dan memiliki hari tua yang sejahtera," ujar Opik.

Baca juga: BPJAMSOSTEK Denpasar targetkan 40.373 nelayan Bali terlindungi jamsostek

Sementara itu, Direktur Kepesertaan BPJAMSOSTEK Zainudin mengatakan pembayaran iuran melalui agen BRILink sangat mudah, untuk peserta bukan penerima upah (BPU) cukup datang ke warung atau outlet Agen BRILink terdekat.

Peserta menunjukkan KTP atau kartu peserta dan membayar sesuai dengan nominal iuran yang tertera.

Selain itu agen BRILink juga melayani pembayaran iuran untuk pekerja penerima upah (PU). Caranya hampir sama, peserta atau pengurus perusahaan cukup membawa kode iuran yang telah didapatkan dan membayar sesuai tagihan.

Sementara Wholesale Business Director Bank BRI Agus Noorsanto menyatakan kesiapannya untuk mendukung BPJAMSOSTEK dalam menjangkau seluruh pekerja hingga daerah pelosok.

Kerja sama ini diharapkan bisa mempermudah pekerja, karena tidak usah datang ke kantor-kantor bank, cukup datang ke agen-agen BRILink yang letaknya rata-rata di pemukiman dekat masyarakat, sehingga mudah dijangkau.

"Saya kira itu akan sangat membantu bagi perluasan pemberian jaminan kepada para pekerja, baik penerima upah maupun bukan penerima upah," ujar Agus.

Pewarta: Ni Luh Rhismawati

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2022