Jakarta (Antara Bali) - Kualitas "developer" Indonesia masuk papan atas dunia, terbukti banyak aplikasi buatan desainer lokal yang diunduh hingga jutaan pengguna telepon seluler.

"Seperti aplikasi buatan Ramadhan Bachtiar berupa konten personalisasi, didownload (diunduh) sampai sekitar 30 juta pengguna Nokia di seluruh dunia," kata Developer Manager Nokia Asia Tenggara, Marenda Wicaksono pada Media Gathering dan Nonton Bareng "Batman: Dark Knight Rises" di Jakarta, Jumat malam.

Angka 30 juta, menurut dia, sudah luar biasa karena di dunia hanya ada tiga developer yang aplikasi buatannya di Nokia diunduh sampai 100 juta pengguna. Di Indonesia ada lima developer muda yang aplikasi buatannya diunduh lebih dari sejuta pengguna Nokia.

Sejak 2010 Nokia Developer telah membina lebih dari 12.000 pengembang aplikasi lokal di Indonesia dan menghasilkan lebih dari 4.500 konten yang bisa diunduh di Nokia Store.

Ini terlaksana melalui serangkaian kerja sama yang digagas Nokia Indonesia dengan berbagai pihak, termasuk lebih dari 60 perguruan tinggi menggunakan kurikulum pembelajaran dari Nokia Developer dan hasil terbaiknya dipajang di Nokia Store.

Saat ini ada lebih dari 120 ribu konten yang dapat diunduh pengguna Nokia. Berbagai aplikasi di Nokia Store diunduh hingga 3,1 juta per minggu yang pembeliannya bisa dilakukan melalui credit card billing dan operator billing, kata Marenda Wicaksono.(*/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012