Bupati Badung, Bali, I Nyoman Giri Prasta mengharapkan pelaksanaan Pesta Kesenian Bali (PKB) tahun 2021 dapat melestarikan warisan budaya dan seni yang adiluhung.

"Kami juga berharap penyelenggaraan PKB dapat menciptakan kreasi dan inovasi baru dalam memperkaya khasanah budaya dan seni di daerah Bali," ujar Bupati Giri Prasta dalam keterangan Humas Badung yang diterima di Mangupura, Jumat.

Ia mengatakan, pelestarian warisan budaya tanpa tekad yang kuat tidak akan mungkin bisa terwujud dan tetap terus dipupuk dan dipelihara.

"Dan kami sadar, masyarakat manapun di dunia ini tidak akan pernah maju tanpa budaya," katanya.

Baca juga: Pemkab Badung motivasi duta seni yang akan tampil di PKB 2021

Bupati Giri Prasta menjelaskan, pihaknya juga akan terus mendukung pembinaan dan mengapresiasi para duta seni perwakilan Badung yang akan tampil dalam Pesta Kesenian Bali tahun 2021.

"Dalam kegiatan pembinaan masing-masing punya peran sehingga penampilan ini bisa berjalan sukses dan lancar serta semua pihak bekerja sama dengan baik sehingga pelaksanaan Pesta Kesenian Bali dapat berjalan sesuai rencana.

Ia didampingi Wabup I Ketut Suiasa juga telah menyaksikan langsung rekaman duta seni Gong Kebyar Wanita Kabupaten Badung yang tampil di Panggung terbuka Ardha Candra, Denpasar, pada PKB 2021 di Panggung Terbuka Ardha Candra untuk memberikan semangat kepada para seniman.

Pelaksanaan Utsawa atau parade Gong Kebyar Wanita tersebut dilaksanakan secara daring dan rekaman tayangan tunda akan ditayangkan melalui media televisi.

Baca juga: Wakil Rektor UI : Seni budaya bisa wujudkan rasa toleransi

Pada kesempatan itu, Badung diwakili Sanggar Tari dan Tabuh Rajapala Kelurahan Kerobokan Kelod, Kecamatan Kuta Utara yang menjadi Duta Kabupaten Badung pada Parade Gong Kebyar Wanita.

Penampilannya itu menampilkan Tabuh Kreasi “Utara Giri” sebuah karya bersama I Ketut Gede Asnawa dan I Wayan Rundu pada tahun 1987, tari kreasi “Swabhawa Semara” diciptakan pada Festival Gong Kebyar Dewasa pada PKB Tahun 2006 dan tari kreasi “Wana Pering” dengan penata tari Agung Rahma Putra.

"Kehadiran kami ini sebagai salah satu motivasi bagi para seniman yang tampil dengan sangat luar biasa," ujar Bupati Giri Prasta.

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2021