Pemerintah Kabupaten Badung, Bali memberikan motivasi kepada duta seni yang akan tampil dalam ajang Pesta Kesenian Bali (PKB) tahun 2021.

"Tunjukkan kemampuan dan rasa percaya diri saat akan tampil nanti, tunjukkan pada mereka bahwa kita mampu. Seniman tampil nanti di PKB membawa nama Badung, jadi mari tunjukkan yang terbaik," ujar Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa dalam keterangan Humas Badung yang diterima di Mangupura, Senin.

Dirinya juga telah meninjau persiapan duta seni yang akan mewakili Badung pada ajang PKB ke-43 itu salah satunya dengan melihat langsung persiapan pementasan seni Bapang Barong oleh para seniman sekaa (kelompok) Bapang Barong, tabuh dan penari pendamping di Bongkasa Abiansemal Badung.

"Kami selaku pemerintah selalu memberikan motivasi dan semangat kepada para sekaa seniman Bapang Barong, para penabuh dan penari yang akan melakukan pentas di Taman Budaya Bali saat PKB 2021," katanya.

Ia menjelaskan, tarian Bapang Barong merupakan salah satu seni tari tarian yang penuh dengan harmoni dan dimainkan oleh dua orang dengan bebarongan baik barong ket atau barong bangkung atau yang lainnya dengan gaya dan irama tegas dan keras oleh para penabuh gamelan.

"Apabila nanti tampil di PKB, harus jiwa itu tetap ditanam pada hati para penabuh dan penarinya, saya percaya para penikmat seni pasti terpuaskan oleh penampilan Bapang Barong dari Bongkasa Badung. Jadi tunjukkan yang terbaik untuk Badung," ungkapnya.

Wabup Ketut Suiasa menambahkan, Pemerintah Kabupaten Badung akan terus mendorong dan menjadi garda depan bagi seluruh kreativitas insan di berbagai bidang termasuk di bidang seni budaya untuk kemajuan Badung ke depannya.

"Saya sangat percaya dengan apa yang telah dilakukan selama ini oleh para seniman dengan latihan yang keras, yang banyak menghabiskan ide, tenaga dan pikiran agar harmoni antara gerak tari dan tetabuhan menjadi indah, manis, enak untuk dilihat mata," ujarnya.

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2021