Bupati Badung, Bali, I Nyoman Giri Prasta meminta jajaran Direksi Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Mangutama Badung yang baru dilantik untuk dapat bekerja maksimal dalam melayani kebutuhan air bersih bagi masyarakat.

"Mari bangun etos kerja yaitu kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas dan kerja tuntas dalam memberikan pelayanan terbaik serta menyediakan kebutuhan air bersih bagi masyarakat Badung karena air merupakan kebutuhan utama manusia setelah udara," ujar Bupati Giri Prasta dalam keterangan Humas Badung yang diterima di Mangupura, Minggu.

Baca juga: Pemkab Badung gratiskan pembayaran PDAM selama tiga bulan

Ia mengatakan pelantikan tersebut dilakukan berdasarkan Surat Keputusan (SK) Bupati Badung Nomor : 2426/01/HK/2021 tentang Pengangkatan Direksi Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Mangutama Masa Bakti 2021-2026.

Jajaran direksi yang ditetapkan yaitu Direktur Utama I Wayan Suyasa, Direktur Teknik Made Suarsa dan Direktur Umum Wayan Sugita.

Bupati Giri Prasta mengatakan target riil direksi dan jajaran Perumda Tirta Mangutama adalah mewujudkan terjangkaunya kebutuhan masyarakat Badung berkenaan dengan air.

"Ini sudah diatur juga oleh UUD 1945 pasal 33 ayat 3 yang berbunyi bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat," katanya.

Baca juga: PDAM: puluhan hotel di Badung mengolah air laut

Ia menjelaskan dalam pertengahan tahun 2022 mendatang, Pemkab Badung juga akan mendapatkan tambahan suplai air bersih sebanyak 500 liter per detik dari Bendungan Sidan.

"Untuk itu, kami sudah mengambil langkah dengan membangun jaringan dan reservoar di wilayah Badung Selatan sehingga bila saat itu sudah tiba, semua fasilitas dan sarana yang dibutuhkan sudah dalam keadaan siap. Jangan sampai ada tambahan air tapi jaringan kita belum siap," ungkap Bupati Giri Prasta.

Sementara itu, Dirut Perumda Tirta Mangutama I Wayan Suyasa mengatakan dalam kurun waktu seminggu ini pihaknya akan mempercepat proses langkah awal dengan melakukan pemetaan untuk mewujudkan apa yang diamanatkan oleh Bupati Badung.

Baca juga: PDAM Antisipasi Kekurangan Air Bersih di Badung

Menurutnya, kendala selama ini yang masih dihadapi oleh perusahaan dalam memberikan pelayanan penyediaan air bersih kepada masyarakat adalah pada saat musim hujan, mengingat Perumda Tirta Mangutama mengolah air permukaan dan pompa air sering mengalami kerusakan akibat adanya lumpur dan pasir.

"Untuk itu ke depan kami akan memasang pompa lumpur sehingga lumpur bisa langsung tereksekusi dan tidak sampai masuk maupun mengganggu jaringan yang ada," ujarnya.

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2021