Wakil Bupati Badung, Bali, I Ketut Suiasa mengajak masyarakat untuk terus menaati protokol kesehatan dan mewaspadai munculnya klaster baru penyebaran COVID-19 dalam upaya pencegahan dan pemutusan rantai penyebaran pandemi tersebut.

"Penyebaran virus ini sangat cepat. Untuk itu kesehatan masyarakat harus tetap terjaga dengan menaati protokol kesehatan, selalu memakai masker saat melakukan aktivitas di luar rumah," ujar Wabup Suiasa dalam keterangan Humas Badung yang diterima di Mangupura, Selasa.

Ia mengatakan, sinergitas antara pemerintah dan masyarakat merupakan instrumen yang sangat penting dalam pencegahan dan memutus mata rantai penularan COVID-19 serta mencegah terjadinya klaster baru mengingat pandemi tersebut sudah melumpuhkan dunia pariwisata dan menyebar dengan cepat.

Sebagai salah satu upaya menjalin sinergi, pihaknya juga terus melakukan koordinasi dan sosialisasi terhadap seluruh masyarakat hingga lingkup terkecil seperti  melakukan diskusi dengan para kepala lingkungan wilayah.

Baca juga: Masyarakat Badung diminta disiplin protokol kesehatan

Dirinya bersama seluruh jajaran terkait juga terus turun ke wilayah-wilayah kecamatan di Badung untuk memberikan sosialisasi pentingnya protokol kesehatan COVID-19 kepada masyarakat.

"Kehadiran kami ini dalam memberikan sosialisasi kepada masyarakat sebagai bentuk perhatian dan tanggung jawab pemerintah memberikan informasi yang benar dan valid tentang kondisi COVID-19 saat ini," ungkap Suiasa.

Sementara itu, Camat Kuta Selatan Ketut Gede Artha mengatakan, kepala lingkungan di wilayahnya telah bersatu dan serius untuk bersama-sama dengan pemerintah ikut dalam penanganan memutus rantai penularan COVID-19 di wilayah masing-masing.

"Sebagai salah satu tujuan wisata bagi wisatawan baik lokal maupun internasional, wilayah kami sangat riskan dengan penularan COVID-19. Jika tidak ditangani secara serius dan benar, munculnya klaster baru penyebaran COVID-19 telah menjadi momok yang menakutkan bagi masyarakat," katanya.

Sementara itu, Lurah Benoa Wayan Karang Subawa mengatakan, setelah secara langsung mendapatkan pengarahan dan informasi dari pemerintah terkait penanganan COVID-19, para kepala lingkungan di wilayahnya akan melakukan sosialisasi ke masyarakat.

"Kami berharap dengan adanya pengarahan dari pemerintah di tengah situasi adaptasi kebiasaan baru atau new normal ini akan berdampak positif bagi masyarakat dan bisa dijalani dengan baik, benar dengan patuh serta taat pada protokol kesehatan," ujarnya.

Baca juga: Pemkab Badung minta masyarakat disiplin jalankan protokol kesehatan

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2020