Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana mengajak para pengusaha muda di Kabupaten Buleleng untuk lebih bersatu lagi dalam suatu wadah atau organisasi agar lebih mudah memproteksi diri, sekaligus juga meningkatkan kompetensi di bidang usaha.

"Pengusaha juga diharapkan sering berkomunikasi baik di internal organisasi maupun dengan pengusaha dari organisasi lain," kata Bupati Agus Suradnyana saat menghadiri Musyawarah Cabang (Muscab) X dan Pelantikan Pengurus Badan Pengurus Cabang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPC HIPMI) Buleleng tahun 2020 di Singaraja, Senin (10/2).

Bupati menjelaskan BPC HIPMI Buleleng merupakan organisasi yang strategis bagi para pengusaha muda di Kabupaten Buleleng. Melalui organisasi ini, para pengusaha muda bisa berdiskusi dan saling memberikan masukan.

"Dengan begitu, para pengusaha semakin kuat dan mampu menghadapi tantangan yang ada di masa yang akan datang. Para pengusaha perlu menguatkan masing-masing sehingga kompetensi dan kemampuan terus terbentuk," jelasnya.

Menurut Bupati, komunikasi diperlukan mengingat semua langkah pengusaha saat ini harus berhati-hati. Perubahan terjadi begitu cepat. Begitu pula tantangan yang ada semakin beragam, sehingga penguatan terus diperlukan untuk dilakukan. "Harus sering berkomunikasi juga sehingga langkah-langkah yang diambil juga tepat," ujar Bupati.

Baca juga: Wagub Bali minta Festival Hipmi wadahi pelaku usaha kecil

Sementara itu, Ketua BPC HIPMI Buleleng periode 2020-2023, yang baru saja dilantik, Subianta Eka Kresnawan, menyebutkan program terdekat yang akan dilaksanakan bersama pengurus lainnya adalah berkolaborasi dengan pemerintah.

Setelah itu, BPC HIPMI akan memberikan masukan kepada pemerintah karena para pengusaha yang mengetahui pergerakan rinci di lapangan. Tentu, hal ini sejalan dengan pemerintah karena visi BPC HIPMI Buleleng juga ingin membangun daerah.

"Kita akan berdiskusi seperti apa yang bisa dilakukan pemerintah untuk keberadaan pengusaha muda di Buleleng," kata pengusaha kuliner itu.

Mengenai persatuan yang diserukan Bupati PAS, ia menambahkan ada beberapa organisasi pengusaha di Buleleng, seperti BPC HIPMI dan juga Wirausaha Muda Singaraja (WMS). Tentunya, semua sama-sama bergerak membangun daerah. Tidak hanya seremonial organisasi semata, namun juga karya nyata untuk Buleleng.

"Itu PR untuk saya dalam tiga tahun ini. Berbuat apa yang bisa saya lakukan bersama kawan-kawan di BPC HIPMI untuk kemajuan Kabupaten Buleleng," kata Eka Kresnawan.

Baca juga: Pegadaian-Hipmi berkolaborasi tingkatkan perekonomian masyarakat Bali



 

Pewarta: Made Adnyana

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2020