Para relawan peduli lingkungan terus berupaya memerangi sampah plastik dilakukan di Bali dengan sarasan pesisir pantai menjadi salah satu fokus pembersihan sampah plastik.

"Upaya bersih-bersih sampah plastik ini antara lain dilakukan di Pantai Masceti, Gianyar. Kegiatan bersih-bersih pantai diikuti puluhan relawan dari wilayah Denpasar dan juga Kabupaten Gianyar," kata Dewa Putu Suyasa, selaku panitia bersih-bersih Pantai Masceti Gianyar, Rabu.

Dalam kegiatan bersih pantai ini, para relawan menyisir pantai yang sering dikunjungi wisatawan. Relawan membersihkan pesisir pantai, terutama dari sampah plastik yang sebelumnya berserakan di bibir pantai.

Baca juga: Personel Lanal Denpasar bersihkan sampah di Pelabuhan Benoa

Sampah plastik dan jenis sampah lainnya kemudian dikumpulkan dalam kantong plastik besar sebelum dibuang ke tempat pembuangan akhir. Sampah plastik bekas pembungkus makanan menjadi sampah dominan yang berhasil dikumpulkan dalam aksi ini.

"Kegiatan bersih pantai ini serangkaian menyambut HUT PT Ibu Jero Tahun 2019. Kami fokuskan pada pembersihan sampah plastik di wilayah Pantai Masceti ini," ujar Dewa Suyasa.

Selain di Pantai Masceti Gianyar, kata dia, kegiatan ini juga akan dilakukan di pantai lainnya di Pulau Dewata. Lewat kegiatan ini, diharapkan kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan terutama pesisir pantai semakin meningkat.

Pewarta: I Komang Suparta

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2019