Personel Pangkalan TNI AL (Lanal) Denpasar, Lantamal V, Koarmada ll melakukan bersih-bersih areal Pelabuhan Benoa yang digagas PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Benoa, Bali.

Kadispen Lantamal V Mayor Laut (KH) Rohman Arip dalam keterangan tertulis yang diterima di Denpasar, Sabtu, mengatakan kegiatan yang juga melibatkan instansi maritim lainnya itu dipusatkan di area Dumping Barat Pelabuhan Benoa Bali pada Jumat (10/10) .

Bersih pantai yang dihadiri Pasprogar Lanal Denpasar-Bali Mayor Marinir I Nyoman Suarmika mewakili Danlanal Denpasar Kolonel Laut (P) Henricus Prihantoko, Direktur PT Pelindo III Benoa Anak Agung Gede Agung Mataram, Kepala KSOP Kelas II Benoa Agustinus Maun, dan Kapospol Airud Polda Bali itu, sedikitnya diikuti 200 orang.

Direktur Pelindo III Benoa Anak Agung Gede Agung Mataram mengatakan bersih pantai itu digelar rutin, mengingat Pelabuhan Benoa salah satu pelabuhan kebanggaan Provinsi Bali yang menempati lahan seluas 42 hektare, sehingga Pelabuhan Benoa Bali dapat memberikan warna pada sektor pariwisata dan perikanan di Bali.

Kegiatan bersih pantai kali ini, menurut dia, dapat mewujudkan pelabuhan yang bersih, aman, nyaman, dan bebas dari sampah plastik serta diminati pelaku usaha, serta dapat mendukung pelabuhan yang nyaman untuk berlabuh bagi kapal-kapal pesiar.

"Siapa pun kita, di manapun kita, kebersihan sudah menjadi sebuah makna, apabila kita memaknai hidup sehat," katanya.

Hasil bersih-bersih pelabuhan itu, akhirnya mengumpulkan sampah campuran tiga truk sampah dari area pelabuhan.

Sebelumnya atau pada Senin (7/10), Lanal Denpasar juga turut memecahkan rekor MURI dalam penanaman bibit mangrove yang diadakan dalam rangka peringatan HUT Ke-74 TNI pada 2019 di Teluk Benoa.

Penanaman serentak 74 satuan TNI AL se-Indonesia itu dihadiri oleh Gubernur Bali, Pangdam IX/Udayana, Danlanal Denpasar Bali, Danlanud I Gusti Ngurah Rai, Kapolresta Denpasar, Kepala KSOP Kelas II Benoa, Kepala Pelindo Bali, Kepala BPDASHL Bali, Kepala Walhi Bali, dan sekitar 1.000 orang.

Dalam kesempatan tersebut Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Benny Susianto didampingi Gubernur Bali, Danlanal Denpasar, Danlanud I Gusti Ngurah Rai dan Kepala Instansi Maritim memberikan secara simbolis bibit mangrove kepada perwakilan peserta penanaman mangrove.

Bibit mangrove yang ditanam di kawasan Teluk Benoa sejumlah 5.000 pohon itu merupakan program kerja Spotmar Mabes TNI AL dalam rangka memperingati HUT Ke 74 TNI dan untuk memecahkan rekor MURI.

Pewarta: Ayu Khania Pranishita

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2019