Rombongan Pemerintah Kabupaten Madiun, Jawa Timur, melakukan kunjungan ke Pusat Pemerintahan Kabupaten Badung, Bali, untuk mempelajari berbagai program yang telah dilakukan Pemkab Badung, khususnya dalam bidang kehumasan.

"Keberhasilan Kabupaten Badung dalam melaksanakan program-program pembangunan telah mendapatkan apresiasi yang sangat besar dan banyak daerah yang ingin meniru dan menerapkannya, salah satunya kami di Kabupaten Madiun," ujar Wakil Bupati Madiun, Hari Wuryanto, di Badung, Kamis.

Dalam kunjungannya, rombongan Pemkab Madiun beserta jajaran juga mengajak 55 orang jurnalis setempat untuk ikut menggali informasi di Badung.

Hari Wuryanto menjelaskan, kunjungan tersebut dilaksanakan juga dalam rangka melakukan pembinaan dan pengembangan jaringan komunikasi dan membangun komunikasi serta hubungan baik dengan para jurnalis.

Baca juga: Pemkot Madiun pelajari pengadaan laptop gratis di Badung

Selain itu, diharapkan kunjungan tersebut juga dapat memperluas wawasan jajaran Bagian Humas Pemkab Madiun dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi serta wawasan para wartawan dalam hal peliputan, penerbitan dan pemuatan berita.

"Kami ingin melalui kunjungan ini berbagai masukkan, informasi maupun ilmu-ilmu yang didapat nantinya dapat dimanfaatkan sebagai pedoman untuk diterapkan di Kabupaten Madiun" katanya.

Sementara itu, Wakil Bupati Badung, I Ketut Suiasa yang menerima rombongan Pemkab Madiun menjelaskan, Kabupaten Badung telah melaksanakan berbagai program untuk meningkatkan komunikasi dengan jajaran pers di Badung.

Hal itu dilakukan karena menurutnya, keberhasilan pembangunan di Badung tidak terlepas dari keberadaan para jurnalis yang nantinya berperan menyebarluaskan dan mempublikasikan keberhasilan-keberhasilan tersebut kepada masyarakat luas.

"Dengan begitu, masyarakat luas dapat mengetahui kalau pemerintah daerah telah melaksanakan kewajiban sesuai dengan harapan masyarakat," katanya.

Baca juga: Lipsus - Kabupaten Badung bukan sekadar kawasan wisata

Ia menambahkan, selama ini hubungan antara jajaran pemerintahan Badung melalui Bagian Humas dengan para jurnalis telah berlangsung dengan sangat baik dan sinergitas itu akan terus ditingkatkan di masa mendatang.

Meskipun begitu, dalam beberapa hal, Badung juga merasa perlu belajar berkaitan dengan keberhasilan program pembangunan di daerah lain.

Untuk itu, ia menjelaskan bahwa Pemkab Badung juga memiliki program Pekan Informasi dan Pembangunan (PIP) yang merupakan kegiatan yang dilakukan dengan mengajak para jurnalis di Badung untuk melakukan kunjungan ke daerah lain yang sudah berhasil melaksanakan suatu program.

"Hal yang kami dapat dari PIP itu nantinya dapat diterapkan di Badung. Hal-hal baik yang didapat tentunya akan diterapkan dan yang kurang tentunya akan disempurnakan dan disesuaikan dengan situasi dan kondisi di Badung," katanya.

Baca juga: Ribuan masyarakat semarakkan Pesta Rakyat HUT Mangupura


 

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2019