Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, menyerahkan bonus bagi kontingen Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Badung, karena telah berhasil mempertahankan juara umum untuk kedelapan kalinya pada Porprov Bali XIV tahun 2019 di Kabupaten Tabanan.

"Kami sangat mengapresiasi keberhasilan kontingen Badung yang berhasil meraih juara umum Porprov Bali tahun 2019," ujar Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta, di Mangupura, Badung, Rabu.

Bonus tersebut, terdiri dari atlet yang meraih medali emas nomor perorangan mendapat bonus sebesar Rp60 juta, peraih medali perak nomor perorangan mendapat bonus Rp25 juta dan peraih medali perunggu nomor perorangan mendapat bonus sebesar Rp12,5 juta.

Untuk peraih medali emas nomor beregu yang terdiri dari dua hingga empat atlet dalam satu tim mendapat bonus Rp30 juta, peraih medali perak nomor mendapatkan bonus Rp12 juta dan peraih medali perunggu di nomor yang sama memperoleh Rp6,25 juta.

Bonus juga diberikan kepada peraih medali emas nomor beregu yang terdiri dari lima hingga delapan orang atlet dalam satu tim mendapatkan bonus Rp20 juta, medali perak Rp8,5 juta serta medali perunggu Ro4,2 juta.

Bagi peraih medali emas dengan nomor beregu yang terdiri dari 9-12 orang per tim, bonus yang diberikan sebesar Rp15 juta, peraih medali perak Rp6,25 juta dan Rp3,125 juta bagi peraih medali perunggu di nomor yang sama.

Selanjutnya, bagi peraih medali emas dengan nomor beregu yang terdiri dari 13 orang atau lebih dalam satu tim mendapatkan bonus sebesar Rp12 juta perorang, peraih medali perak Rp5 juta perorang dan medali perunggu Rp2,5 juta per orang.

"Selain untuk para atlet, bonus juga kami berikan kepada para pelatih, manager dan official," kata Bupati Giri Prasta.

Baca juga: Badung raih "juara umum" Porprov Bali 2019

Dalam Porprov Bali 2019, Badung berhasil menjadi juara umum dengan raihan total medali 156 emas, 108 perak dan 94 perunggu.

Giri Prasta mengatakan, capaian tersebut menunjukkan bahwa atlet Badung mampu berprestasi di tingkat daerah Bali dan diharapkan prestasi ini dapat dipertahankan demi nama baik Badung di kancah nasional maupun internasional, termasuk ajang PON di Papua nanti.

"Keberhasilan ini tidak terlepas dari pembinaan yang telah dilakukan mulai dari tingkat desa, kecamatan hingga kabupaten, sebagai komitmen memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat," ujarnya.

Baca juga: Porprov Bali 2019 di Tabanan telah dimulai (video)

Pada kesempatan itu, ia juga meminta KONI agar mempertahankan atlet yang telah meraih juara umum dan mengevaluasi cabang olahraga yang tidak memperoleh medali, sehingga pada Porprov tahun 2021 yang nantinya Badung akan menjadi tuan rumah, gelar juara umum dapat dipertahankan untuk kesembilan kalinya.

"Kalau dalam Porprov tahun 2021 kami berhasil mempertahankan juara umum, bonus akan ditingkatkan lagi," katanya.

Untuk lebih memasyarakatkan olahraga, Bupati Giri Prasta mengharapkan setiap kecamatan wajib untuk memiliki tempat berolahraga seperti lapangan sepakbola, voli, lapangan basket, tenis dan tenis meja.

Baca juga: Pemkab Jembrana berikan bonus atlet Porprov

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2019