Dinas Perindustrian dan Perdagangan bersama Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Disperindag-Dekranasda) Kota Denpasar, Bali terus mengembangkan kain tenun endek lewat inovasi perajin dan insan kreatif serta menggelar lomba dan peragaan busana bertema "Endek Lovers".

Ketua Dekranasda Kota Denpasar Ida Ayu Selly Dharmawijaya Mantra di Denpasar, Minggu, mengatakan pihaknya bersama Disperindag terus mengembangkan potensi daerah, salah satunya tenun ikan endek. Sehingga untuk memberi motivasi para perajin, sehingga juga menggelar peragaan busana berbahan endek dengan tema "Endek Lovers".

Selly Dharmawijaya Mantra mengatakan keindahan kain endek memiliki potensi unggulan tradisi lokal menjadi sebuah tren mode yang tidak meninggalkan ciri khas sebagai kain adat budaya daerah.

"Endek salah satu waris budaya Bali sebagai kain tradisional yang masih dipergunakan hingga saat ini, serta inovasi terus dilakukan untuk meningkatkan kecintaan dan kebanggaan generasi muda terhadap kain endek," ujar Ny Selly.

Lebih lanjut Selly Mantra mengatakan kegiatan "Endek Lovers" sebagai salah satu ruang kreativitas tidak hanya menjadi produk fasyen formal, namun saat ini endek juga dapat menjadi pakaian santai sehari-hari.

Peluang ini diharapkan dapat ditangkap insan muda untuk membangkitkan jiwa kewirausahaan serta memberikan imbas bagi kebanggaan anak muda terhadap kain ikat endek.

"Seperti perlombaan kali ini kain endek dapat menjadi produk-produk kreatif seperti tas endek, sepatu endek, sandal endek, dan aksesoris seperti kalung lewat tangan-tangan kreatif," ucapnya.

Baca juga: Dekranasda Bali: kain tenun bisa jadi busana milenial

Ketua Panitia  Kegiatan "Endek Lovers" Anak Agung Ngurah Trisna Indra Pradipta mengatakan adapun kegiatan yang dilaksanakan yakni lomba mewarnai tingkat anak-anak, Lomba fotografi serta lomba peragaan busana (fashion show) yang diikuti ratusan peserta. Para peserta Lomba Endek Lovers akan memperebutkan juara I, II, dan Juara III memperoleh piala, uang tunai dan piagam.

Selly Mantra mengatakan kegiatan ini diharapkan memberikan dampak positif bagi insan muda dalam menjaga kecintaan terhadap endek. Inovasi berbagai produk endek telah ditunjukkan, seperti tas kain perca endek, sepatu, dan aksesoris diharapkan dapat menjadi peluang usaha bagi insan muda ke depannya.

"Melalui kegiatan ini diharapkan dapat memberi dampak positif bagi insan muda dalam menjaga kecintaan terhadap endek serta inovasi berbagai produk endek yang di tampilkan dalam perlombaan ini dapat menjadi peluang usaha untuk kedepannya," ujarnya.

Baca juga: Dinas Perpustakaan Buleleng terbitkan buku tentang kain endek

Pewarta: I Komang Suparta

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2019