Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, mendukung hubungan kerja sama yang dilakukan maskapai penerbangan Garuda Indonesia dengan Pan World Asia (PWA) Korea.

"Pemkab Badung menyambut baik dan mendukung adanya niatan dari pihak PWA Group bersama Garuda Indonesia untuk bersama mempromosikan kepariwisataan kita di wilayah Bali," ujar Wakil Bupati Badung, I Ketut Suiasa, dalam keterangan Humas Badung yang diterima Antara di Mangupura, Kamis.

Kerja sama tersebut dilakukan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan Korea khususnya juga untuk mendukung hotel-hotel dan atraksi wisata yang ada di wilayah Badung karena kerja sama itu diyakini akan mampu mendongkrak kunjungan wisata Korea ke Indonesia khususnya Bali dan Badung, begitu pula sebaliknya.

"Kami memberikan apresiasi atas terlaksananya kerja sama ini. Kegiatan ini merupakan hasil peran serta dari semua pihak termasuk Pemerintah Kabupaten Badung," kata Wabup.

Ia mengatakan Pemkab Badung memang telah berupaya memediasi proses kerjasama PWA group dengan Garuda Indonesia yang prosesnya sudah berlangsung lebih dari dua bulan sebelum dilakukan perjanjian.

"Tentunya kami berada di tengah-tengah kedua pihak karena memang pertemuan mereka merupakan hasil mediasi kami dalam rangka membangun kepariwisataan. Terlebih kami memiliki kewajiban dan tugas untuk selalu mengembangkan dan mempertahankan tingkat kepariwisataan di Bali," ujarnya.

Ia menambahkan kerja sama antara PWA group dan Garuda Indonesia itu menurutnya merupakan cara yang efektif dan produktif dalam menggerakkan pariwisata di Kabupaten Badung.

"Kami berharap jalinan kerja sama ini dapat berjalan berkelanjutan antara dua belah pihak serta memberikan imbas yang baik pada pembangunan masyarakat melalui pembangunan pariwisata yang terintegrasi dan bersinergi," kata Suiasa.

CEO PWA, Suh Sung Jin, mengatakan, maskapai penerbangan Garuda Indonesia telah menerima banyak penghargaan seperti kelas ekonomi top dunia, dan pramugari terkemuka dunia dari organisasi terkenal.

"Menjadi mitra Garuda Indonesia adalah kesempatan besar bagi kami karena kami dapat berkontribusi dalam pengembangan kedua belah pihak melalui kerja sama ini," katanya.

Nantinya, PWA akan mulai mengoperasikan rute penumpang dan kargo Incheon-Bali, Incheon-Jakarta dengan Garuda Indonesia mulai bulan Juli. Suh Sung Jin yakin, hal itu akan menjadi peluang besar untuk mempromosikan pengembangan pariwisata di Indonesia khususnya Kabupaten Badung dan Korea secara bersamaan.

"Kami mengharapkan kerja sama ini akan menjadi kesempatan berharga untuk mengeksplorasi cara-cara menjalin ikatan kerjasama yang kuat dengan Garuda Indonesia, Kabupaten Badung dan konsorsium hotel," katanya.

Sementara itu, perwakilan Garuda Indonesia, Vonny Francisca, menyampaikan rasa terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Badung yang telah berkenan memfasilitasi pertemuan antara pelaku bisnis pariwisata di Bali dengan patner PWA dan para pelaku perhotelan dan pariwisata di Bali.

"Inisiatif Pemda Badung dalam menjembatani komunikasi antara Garuda Indonesia, konsorsium hotel Korea dan Pan World Air merupakan suatu inisiatif yang patut diapresiasi. Itu merupakan bukti nyata pemerintah yang tidak tinggal diam dalam membantu pengembangan ekonomi khususnya dalam dunia usaha industri kepariwisataan," ujarnya.

Ia menambahkan, pihaknya berharap pertemuan bisnis seperti itu akan berlangsung rutin untuk memperkuat pola komunikasi dan koordinasi antar pelaku bisnis pariwisata di Bali.

"Jadi Garuda Indonesia selaku maskapai penerbangan milik negara, memiliki suatu mandat yang terus melekat yakni untuk selalu menjadi penggerak roda perekonomian di setiap kota tujuan penerbangan Garuda Indonesia. Pertemuan ini juga akan sangat memudahkan kami dalam melaksanakan mandat tersebut," katanya.

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2019