Denpasar (Antaranews Bali) - Gubernur Bali Made Mangku Pastika mengucapkan terima kasih kepada semua pihak karena program "Bali Mandara" jilid I dan II yang digagas selama kepemimpinannya sukses.

"Sesuai dengan tema peringatan HUT ke-60 Provinsi Bali, yaitu 'Bali Mandara 2008-2018 Matur Suksma'. Saya juga ucapkan terima kasih kepada DPRD Provinsi Bali, karena atas partisipasinya kita bisa bersama-sama mewujudkan program 'Bali Mandara' tersebut," kata Gubernur Mangku Pastika pada sidang paripurna istimewa DPRD Provinsi Bali dengan acara "Peringatan Hari Jadi Provinsi Bali ke-60" di Denpasar, Selasa.

Sidang yang dipimpin oleh Ketua DPRD Provinsi Bali I Nyoman Adi Wiryatama, Mangku Pastika mengucapkan terima kasih kepada semua pihak karena program Bali Mandara jilid I dan II yang digagas selama kepemimpinannya dinilai berhasil.

Menurut dia, tanpa bantuan semua pihak, segala sesuatu yang digagasnya tidak akan berjalan dengan baik.  

Mangku Pastika lebih jauh, mengatakan program pembangunan Bali Mandara didasari dengan filosofi "Tri Hita Karana", dimana pembangunan tersebut
mencakup "pro growth, pro poor, pro job dan pro culture".

Mengenai capaian Bali Mandara selama ini, kata Mangku Pastika, bahwa menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bali telah mengalami kemajuan, yang meliput penurunan angka kemiskinan menjadi 4,01 persen yaitu peringkat kedua terbaik nasional, Indeks Gini Ratio sekitar 3,8 persen, angka pengangguran yang berkurang menjadi 0,86 persen, pertumbuhan ekonomi yang cukup baik dan stabil, serta IPM di atas rata-rata nasional.

Selain itu Mangku Pastika mengatakan jika Pemprov Bali telah beberapa kali meraih opini WTP dari BPK RI untuk laporan keuangan daerah. Tentu saja menurutnya capaian itu bukanlah kerjanya sendiri, namun hasil dari dukungan banyak pihak.

"Dalam kesempatan ini, saya sampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya terhadap semua pihak yang telah ikut serta menjalankan serta mengawal program Bali Mandara. Kepada anggota Dewan, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, jajaran TNI/Polri, bupati dan wali kota se-Bali, serta seluruh masyarakat Pulau Dewata, saya haturkan terima kasih," ujarnya. (ed)

Pewarta: I Komang Suparta

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018