Denpasar (Antaranews Bali) - Kepolisian Daerah Bali masih menunggu perkembangan hasil penyidikan dan penyelidikan dari Laboratorium Forensik Mabes Polri Cabang Denpasar, terkait penyebab kebakaran kapal di Pelabuhan Benoa, Denpasar beberapa waktu lalu.

"Untuk perkembangan penyidikan kapal terbakar masih dilakukan pemeriksaaan di Labfor dan saat ini masih dilakukan anggota," kata Kepala Kepolisian Daerah Bali, Irjen (Pol) Petrus Reinhard Golose usai membuka apel Hari Bhayangkara ke-72 di Lapangan Niti Mandala Renon, Denpasar, Rabu.

Untuk hasil penyelidikan dari tim Labfor, jenderal bintang dua ini menegaskan belum bisa menyampaikan hasilnya ke publik karena dirinya juga belum menerima hasil laporan dari tim Labfor terkait kebakaran kapal itu.

Terkait pemeriksaan alat bukti seperti 14 orang saksi diantaranya dari nakhoda dan anak buah kapal (ABK) masih dilakukan secara intensif. Namun, untuk menguatkan alat bukti yang dapat ini juga dibutuhkan keterangan ahli.

"Minimal alat bukti yang terkumpul sesuai dengan hukum acara pindana, minimal ada dua alat bukti yang sah dan ada juga bukan alat bukti namun sah dimata hukum," katanya.

Terkait adanya indikasi kelalaian dari pihak nahkoda dan ABK, Golose tidak mau melangkahi proses penyidikan dan penyelidikan Labfor dan proses ini bisa dilakukan sesudah adanya keterangan ahli. (ed)

Pewarta: I Made Surya Wirantara Putra

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018