Denpasar (Antaranews Bali) - Dinas Kebudayaan Kota Denpasar, Bali, melakukan pembinaan terhadap "Sekaa" (kelompok) Palegongan Banjar Binoh Kaja, Kecamatan Denpasar Utara dalam Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-40 tahun 2018.

Sekretaris Dinas Kebudayaan (Disbud) Kota Denpasar, Nyoman Sujati, di Denpasar, Rabu, mengatakan pembinaan terhadap "sekaa" kesenian tersebut dipersiapkan untuk menjadi duta Kota Denpasar dalam ajang Pesta kesenian Bali (PKB) ke-40 pada Juni mendatang.

"Dalam pementasan tersebut berbagai kesenian ditampilkan, antara lain Gending Gegambangan, Legong Keraton Lasem, Tabuh Kembang Kembyot serta Legong Binor," ujarnya.

Kelian (Ketua) Banjar Binoh Kaja Ketut Suena didampingi Kelian Sekaa Palegongan, Wayan Sudiana mengatakan pihaknya akan menampilkan berbagai jenis tarian dan tabuh pada PKB ke-40. Salah satu tarian yang menceritakan asal-usul daerah Binoh yakni tarian "Legong Binor".

"Dalam persiapan pentas di PKB yang akan datang, kami telah menyiapkan penari dan penabuh generasi muda yang telah dipersiapkan sekitar tiga bulan yang lalu," ujar Suena.

Baca juga: PKB 2018 Menampilkan Parade Seni Baru

Ke depan, kata Suwena, pihaknya berharap melalui kegiatan PKB tersebut dapat menciptakan generasi-generasi muda yang bertalenta dan tentunya akan menjadi penerus seni dan budaya yang tak terlepas dari adat istiadat serta sebagai umat beragama. (I006/adt)

Pewarta: I Komang Suparta

Editor : I Nyoman Aditya T I


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018