Singaraja (Antara Bali) - Tim Peneliti Media Lembaga Administrasi Negara (LAN) Republik Indonesia, kini tengah melakukan pengkajian terhadap kinerja pegawai negeri sipil (PNS) di Kabupaten Buleleng, Bali.

"Pengkajian tersebut kami lakukan terkait dengan adanya sorotan publik terhadap pelaksanaan menejemen PNS di Indonesia, termasuk di belahan utara Pulau Dewata ini," kata Surianto, kordinator Tim Peneliti Media LAN, di Singaraja, Kamis.

Ketika bertemu dengan anggota Komisi A Bidang Hukum dan Pemerintahan DPRD Buleleng, Surianto menyebutkan bahwa pengkajian dan penelitian juga dimaksudkan untuk mengetahui secara riil atas penerapan sembilan aspek menejemen di lingkungan pemkab.

Kesembilan aspek tersebut antara lain perencanaan, pengadaan, pengangkatan dalam jabatan, disiplin dan etika pegawai, serta pengembangan pegawai.

Selain itu, beberapa aspek lain yang turut dikaji yakni penilaian terhadap kinerja pegawai, pemberhentian pegawai, dan juga sarana pendukung dari menejemen itu sendiri.

Di hadapan anggota Komisi A DRPD Buleleng, Surianto berharap kepada wakil rakyat dapat memberikan pandangan sebagai fungsi kontrol regulasi terhadap teknis menejemen PNS.

"Untuk mewujudkan 'good goverment' (pemerintahan yang baik), perencanaan pengadaan formasi PNS harus mendapat perhatian sesuai dengan kebutuhan dan keterampilan masing-masing individu pegawai," kata Surianto.

Menurutnya, penempatan sesuai dengan disiplin ilmu dan keterampilan dari PNS merupakan sebuah hal yang sangat penting untuk menunjang kinerja pemerintahan dalam memberikan pelayanan.

Di sisi lain, Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Buleleng, Wayan Teren, mengatakan sangat bersyukur dengan dilakukannya penelitian di lingkungan Pemkab Buleleng oleh tim dari LAN .

"Kami selaku legislatif tentu akan melakukan koordinasi dengan pihak Badan Kepegawaian Daerah agar menejemen pegawai di Buleleng menjadi semakin baik," ucap Teren.(*)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2011