Denpasar (Antara Bali) - Lomba balap kapal layar "Wonderful Indonesia Fremantle to Bali International Yacht Race and Rally" (WIFB) digelar kembali setelah 14 tahun vakum.

"Kami sebelumnya mengalami kesulitan memperoleh sponsor untuk kegiatan ke luar negeri, tetapi kemudian pemerintah Indonesia (Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif) menyelamatkan kami pada tahun 2011 karena pada saat itu Indonesia sedang mempromosikan wisata berlayar ," kata Komodor Fremantle Sailing Club, Bob Kucera, di Denpasar, Sabtu.

Lomba layar yang melintasi jalur Fremantle, Australia, menuju Pelabuhan Benoa, Denpasar, itu awalnya dirancang setahun sekali. Namun untuk menarik lebih banyak wisatawan, maka kegiatan lomba "yacht" itu digelar dua tahun sekali.

Dia mengungkapkan kawasan perairan Indonesia merupakan kawasan yang menarik untuk dijelajahi terutama dari kawasan Australia Barat.

Sementara itu Kepala Pusat Informasi Publik Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Noviendi Makalam menyatakan bahwa pemerintah Indonesia telah menjalin kerja sama dengan Fremantel Sailing Club, Pemerintah Australia dan instansi lainnya selama lima kali pelaksanaan sejak tahun 2011.

"Kami telah mengadakan perjanjian kontrak selama lima kali dan pada tahun 2015 akan lebih besar lagi," ujarnya. (DWA/M038)

Editor: M. Irfan Ilmie
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarabali.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar